Pengertian Penawaran dan Macam-Macam Penawaran

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 09 Juli 2017

Loading...

Setelah di artikel sebelumnya dibahas mengenai permintaan, maka pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian penawaran dan macam-macam penawaran.

Pengertian penawaran


Kita sering melihat para penjual di pasar dan di toko-toko menawarkan barang dagangannya. Di TV, radio, majalah, koran, dan di berbagai tempat kita juga bisa melihat berbagai iklan dari penjual/produsen yang sedang menawarkan barang dan jasanya. Jadi, penawaran di sini bisa diartikan sebagai jumlah barang atau jasa yang ditawarkan penjual/ produsen pada waktu tertentu dan pada harga tertentu. 

Definisi penawaran secara sederhana adalah jumlah barang yang disediakan oleh penjual untuk dijual kepada pembeli. Penjual menawarkan barang dan jasa kepada pembeli dengan harga tertentu, pada kondisi tertentu sesuai dengan situasi.

Ketika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pedagang atau produsen juga akan naik. Namun, ketika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan kepada konsumen juga menurun.

Keadaan seperti ini kadang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja orang yang membeli BBM dalam jumlah banyak, kemudian ditimbun dan dijual kembali ketika harga BBM telah naik.

macam-macam penawaran

Macam-macam penawaran


Penawaran dapat dikelompokkan menjadi dua, sebagai berikut: 
  1. Penawaran individu, yaitu penawaran yang berasal dari seorang penjual, misalnya penawaran dari Pak Hadi atau penawaran dari Ibu Tita. 
  2. Penawaran kolektif/pasar, yaitu penawaran yang merupakan kumpulan dari penawaran individu.

Penawaran individu tidak memiliki dampak besar dalam kegiatan ekonomi, akan tetapi, permintaan kelompok atau permintaan pasar akan berdampak besar dalam perekonomian.

Selain itu, penawaran juga dibagi menjadi 3, yaitu :
  • Penawaran Sub Marginal : Penawaran sub marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual dibawah harga pasar. 
  • Penawaran marginal: Penawaran marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual sama dengan harga pasar. 
  • Penawaran Super Marginal: Penawaran super marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar

Keadaan pasar memang selalu berubah-ubah dan tidak stabil. Ketika jumlah ikan langka di pasaran, maka penjual atau produsen akan menawarkan ikan sebanyak-banyaknya dengan harga yang tinggi. Pada saat yang sama, permintaan akan ikan dari konsumen akan berkurang. Pada akhirnya, semuanya akan mencapai harga keseimbangan pada titik tertentu.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian penawaran dan macam-macam penawaran. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 07.25

0 komentar:

Posting Komentar