Pengertian Permintaan dan Macam-Macam Permintaan

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 09 Juli 2017

loading...

Kita tentu sering kali mendengar istilah permintaan dalam pelajaran ekonomi. Tetapi, apakah sudah betul-betul paham mengenai pengertian permintaan itu ? pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai definisi permintaan dan macam-macam permintaan.

Permintaan adalah jumlah barang yang diinginkan pembeli. Jika harga barang turun, maka semakin banyak permintaan dari pembeli untuk membeli barang. Sebaliknya, jika harga barang naik, maka permintaan pembeli akan menurun. 

Sebagai contoh, ketika harga ikan turun, maka masyarakat akan membeli ikan dalam jumlah yang banyak. Tetapi, ketika harga ikan naik, maka masyarakat akan mengurangi konsumsi ikan dan menggantinya dengan barang substitusi lainnya seperti telur atau tahu dan tempe.

Pengertian Permintaan dan Macam-Macam Permintaan

Pengertian permintaan


Menjelang tahun ajaran baru, kita melihat para orang tua beramai-ramai ingin membeli buku tulis, buku pelajaran, tas, seragam, dan peralatan sekolah lainnya. Bisa dikatakan bahwa menjelang tahun ajaran baru, permintaan terhadap buku tulis, buku pelajaran, tas, seragam, dan peralatan sekolah lain meningkat.Pada masa ini, kebutuhan akan kebutuhan sekolah sangat tinggi, sehingga para pedagang menurunkan harga barang.  Kemudian saat tahun ajaran baru telah lewat, permintaan terhadap peralatan sekolah akan berkurang. 

Demikian pula halnya saat menjelang lebaran, orang berbondong- bondong ke penjahit untuk menjahit berbagai model baju. Bisa dikatakan menjelang lebaran permintaan akan jasa penjahit meningkat. Dari uraian itu dapat disimpulkan bahwa permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta atau dibeli oleh konsumen pada waktu tertentu dan pada harga tertentu. Ada bermacam-macam permintaan yang dikelompokkan berdasarkan daya beli dan jumlah peminta/konsumen.

Pada musim-musim ketika permintaan akan barang meningkat seperti lebaran dan awal tahun ajaran sekolah, biasanya penjual barang akan menurunkan harga. Jangan heran, menjelang lebarang maupun akhir tahun diskon bertebaran di mana-mana.

Macam-macam permintaan


Berdasarkan Daya Beli 


Permintaan berdasarkan daya beli ada tiga macam, yaitu sebagai beriku: 
  1. Permintaan absolut, yaitu permintaan yang tidak disertai daya beli atau permintaan yang tidak disertai dengan kemampuan membeli. Jadi, hanya sekedar menginginkan tapi tidak mampu membeli. 
  2. Permintaan potensial, yaitu permintaan yang disertai daya beli, tetapi belum digunakan untuk membeli barang atau jasa yang diinginkan. 
  3. Permintaan efektif, yaitu permintaan yang disertai daya beli dan sudah digunakan untuk membeli barang atau jasa yang diinginkan.


Berdasarkan Jumlah Peminta/Konsumen 


Permintaan berdasarkan jumlah peminta/konsumen ada dua macam, yaitu sebagai berikut. 
  1. Permintaan individu, yaitu permintaan yang berasal dari seseorang, misalnya permintaan dari Indra, permintaan dari Nyonya Ani.
  2. Permintaan kolektif/pasar, yaitu permintaan yang merupakan kumpulan permintaan individu.


INGAT : Ketika permintaan naik, harga barang akan turun. Sedangkan ketika permintaan turun, harga barang akan naik.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian permintaan dan macam-macam permintaan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

loading...
Blog, Updated at: 07.28

0 komentar:

Posting Komentar