Tingkatan Produksi Primer, Sekunder dan Tersier

Posted by Ensikloblogia on Senin, 03 Juli 2017

loading...

Dalam kegiatan produksi, kita mengenal istilah tingkatan produksi. Tingkatan produksi adalah sebuah kualifikasi yang dibuat untuk melihat kemampuan produksi barang dan jasa. Dengan mengetahui tingkatan produksi suatu negara, kita bisa tahu kemampuan ekonomi negara tersebut. Tingkatan produksi menunjukkan tingkat atau taraf perkembangan ekonomi suatu negara.Produksi dapat dibagi dalam beberapa tingkat-tingkat produksi,  yaitu tingkat produksi primer, sekunder dan tersier.

  1. Tingkat produksi Primer, yaitu produksi yang menghasilkan bahan-bahan dasar yang bisa langsung dikonsumsi atau yang akan digunakan dalam proses produksi selanjutnya. Bidang produksi ekstraktif dan agraris merupakan produksi tingkat primer. Tingkatan produksi primer menghasilkan barang-barang mentah untuk diproses lebih lanjut. Contoh barang hasil tingkat produksi primer antara lain adalah barang hasil pertambangan, perikanan, kehutanan dan pertanian.  
  2. Tingkat produksi Sekunder, yaitu produksi yang mengolah bahan-bahan dasar yang dihasilkan oleh tingkat produksi primer. Bidang produksi industri merupakan produksi tingkat sekunder. Kegiatan industri termasuk dalam tingkat produksi sekunder.
  3. Tingkat produksi Tersier, yaitu produksi yang bersifat memperlancar proses produksi dan menyalurkan hasil produksi. Bidang produksi perdagangan dan jasa merupakan produksi tingkat tersier.

Tingkatan produksi primer umumnya dilakukan oleh negara-negara berkembang yang belum memanfaatkan teknologi dengan baik. Negara-negara yang mengandalkan produksi primer umumnya memiliki penghasilan yang sangat rendah dibandingkan negara yang mengandalkan produksi sekunder.

Namun demikian, negara yang memiliki potensi sumber daya alam pertambangan yang bisa mengelolanya dengan baik dan mandiri bisa menjadi negara dengan pendapatan yang sangat tinggi. Contohnya adalah Arab Saudi, Qatar, Kuwait dan Brunai.

Negara negara yang mengandalkan tingkat produksi primer di bidang agraris masih tergolong negara miskin dan berkembang. 

Negara yang mengandalkan tingkat produksi sekunder mengandalakan kerajinan tangan dan kontruksi sebagai hasil produksi. Negara-negara ini tergolong sejahtera dan lebih baik dibandingkan dengan yang mengandalkan barang hasil produksi primer saja.

Tingkatan produksi tersier menyalurkan jasa yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia. Jasa yang ditawarkan berupa asuransi, perdagangan, perbankan, dan lain-lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di negara yang mengandalkan tingkat produksi primer dan sekunder.

Tingkatan Produksi Primer, Sekunder dan Tersier


Demikianlah penjelasan mengenai tingkat-tingkat produksi primer, sekunder, dan tersier. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 

loading...
Blog, Updated at: 02.09

0 komentar:

Posting Komentar