Pengertian Permintaan Uang dan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 30 Agustus 2017

Loading...

Kita biasanya mengenal kata permintaan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi, permintaan juga meliputi permintaan uang. Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai pengertian permintaan uang dan faktor yang mempengaruhi permintaan uang.

Pengertian Permintaan Uang


Pengertian permintaan uang menurut Sadono Sukirno dalam bukunya yang berjudul “Makro Ekonomi”, yang dimaksud dengan permintaan uang adalah jumlah uang yang diperlukan masyarakat dalam suatu waktu tertentu. Uang memang sangat diperlukan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan dengan berbagai tujuan. Dan umumnya, semakin maju perekonomian suatu negara, akan semakin tinggi permintaan uangnya.

Permintaan uang dijelaskan dalam dua teori, yaitu teori klasik dan teori Keynesian. Teori klasik memandang fungsi uang sebagai alat tukar, sehingga permintaan uang dianggap berbanding lurus dengan pendapatan. Beberapa ahli yang mendukung teori ini adalah Ricardo, Irving Fischer dan A.C Pigou.

John Maynard Keynes yang merupakan pencetus teori Keynesian menjelaskan tiga alasan pokok kenapa rumah tangga menyimpan uang. Ketiga alasan itu berhubungan erat dengan terjadinya permintaan uang. Alasan pokok masyarakat menyimpan uang antara lain adalah untuk melakukan transaksi, untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal di luar kendali  serta menghindari kredit di bank dan untuk melakukan spekulasi.

Pengertian Permintaan Uang dan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Uang


Jumlah uang yang diminta masyarakat tidak tetap, kadang-kadang naik dan kadang-kadang turun. Mengapa permintaan uang bisa naik atau turun? Karena banyak faktor yang bisa memengaruhi naik 
turunnya uang. Faktor- faktor tersebut adalah sebagai berikut:

a. Dorongan Melakukan Transaksi ( Transaction Motive )

Agar bisa melakukan transaksi untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, masyarakat memerlukan uang. Semakin tinggi pendapatan, umumnya akan semakin tinggi pula jumlah uang yang harus disiapkan untuk melakukan transaksi. Dengan demikian,  permintaan terhadap uang juga akan semakin tinggi.

b. Dorongan Berjaga-jaga (Precautionary Motive)

Untuk menghadapi berbagai kejadian yang tidak terduga, seperti sakit dan  kecelakaan, masyarakat perlu memegang uang untuk berjaga-jaga. Pada umumnya semakin tinggi pendapatan, semakin tinggi pula jumlah uang yang diperlukan untuk berjaga-jaga. Dengan demikian, akan semakin tinggi pula permintaan terhadap uang.

c. Dorongan  Spekulasi (Speculation Motive)

Masyarakat yang berpendapatan tinggi biasanya mampu melakukan transaksi yang bersifat spekulatif untuk mencari keuntungan, misalnya melakukan jual-beli valuta asing dan saham. Hal ini mendorong tingginya permintaan mereka terhadap uang. Sebaliknya, masyarakat yang berpendapatan rendah tidak bisa melakukan transaksi spekulatif sehingga permintaan mereka terhadap uang juga rendah. Dorongan  melakukan transaksi, berjaga-jaga, dan dorongan spekulasi, ketiganya merupakan pendapat yang dikemukakan oleh John Maynard Keynes yang disebut dengan Teori Liquiditas.

d. Tingkat Harga

Apabila harga-harga barang dan jasa semakin tinggi,  semakin tinggi pula permintaan masyarakat terhadap uang, karena masyarakat membutuhkan uang lebih banyak untuk membayar harga-harga yang semakin mahal Sebaliknya, jika harga-harga barang dan jasa turun maka permintaan masyarakat terhadap uang pun ikut menurun.

e. Tingkat Suku Bunga

Semakin tinggi tingkat suku bunga, semakin kecil permintaan terhadap uang. Mengapa demikian? Karena, dengan semakin tingginya tingkat suku bunga, masyarakat akan lebih suka menabung uangnya di bank daripada menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain.

f. Ekspektasi atau Perkiraan (Ramalan)

Apabila masyarakat meramalkan keadaan ekonomi menjadi lebih baik maka permintaan terhadap uang akan meningkat, sebab masyarakat akan lebih terdorong untuk  melakukan transaksi lebih banyak atau melakukan spekulasi lebih banyak.

g. Meningkatnya Produksi Barang dan Jasa

Agar bisa melakukan pembelian atas peningkatan produksi barang dan jasa, masyarakat membutuhkan uang lebih banyak sehingga permintaan akan uang pun meningkat.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian permintaan uang dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Blog, Updated at: 19.36

0 komentar:

Posting Komentar