Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi, Tabungan dan Investasi

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 22 Desember 2017

101 alasan
Loading...

Loading...
Setelah bekerja keras sepanjang waktu hingga akhirnya menerima gaji, maka ada 3 hal yang akan dilakukan oleh seorang pelaku ekonomi dalam menggunakan gajinya, yaitu melakukan kegiatan konsumsi, membuat tabungan dan melakukan investasi. Konsumsi, tabungan dan investasi adalah cara manusia untuk mengelola kegiatan keuangan untuk kepentingan masa kini dan di masa yang akan datang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi, tabungan dan investasi. Berikut ini penjelasannya.

Seperti kita ketahui, berdasarkan pendekatan pengeluaran khusus, untuk perekonomian tertutup sederhana, yaitu perekonomian yang belum melibatkan hubungan dengan luar negeri (ekspor dan impor) dan belum melibatkan kegiatan pemerintah, pendapatan nasional hanya terdiri dari konsumsi (C) dan tabungan (S). Hal itu berarti, pendapatan nasional yang diterima masyarakat hanya digunakan untuk konsumsi dan menabung, yang dirumuskan sebagai berikut:
Y = C + S

Karena tabungan (S) umumnya oleh masyarakat dititipkan di bank dan lembaga keuangan, maka tabungan (S) tersebut akan digunakan untuk investasi sebab tabungan yang disimpan di bank atau lembaga keuangan akan disalurkan lagi ke masyarakat sebagai sarana investasi. Dengan demikian, persamaan pendapatan nasional (Y) dapat ditulis sebagai berikut:
Y = C + I

Dari dua persamaan di atas, dapat disimpulkan bahwa komponen pendapatan nasional dalam perekonomian tertutup sederhana terdiri dari: konsumsi (C), tabungan (S), dan investasi (I). Berikut ini kita akan membahas faktor-faktor yang memengaruhi C, S dan I yang pada akhirnya bisa memengaruhi besar kecilnya pencapaian pendapatan nasional. Karena bila C, S, dan I berubah (naik atau turun) sudah tentu akan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pendapatan nasional. 

Konsumsi adalah kegiatan manusia untuk menggunakan sebagian atau seluruh pendapatannya untuk dibelanjakan dan dikeluarkan untuk membeli barang dan jasa. Dengan demikian, maka kegiatan konsumsi bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi, yaitu: 
  • Faktor intern, terdiri dari besarnya pendapatan, selera, komposisi keluarga (jumlah dan usia anggota keluarga), gaya hidup, dan kebiasaan. 
  • Faktor ekstern, yaitu lingkungan masyarakat, kebijakan pemerintah, budaya masyarakat, harga-harga barang, dan perkembangan IPTEK. 


Bagian dari pendapatan individu atau lembaga yang tidak dikeluarkan untuk kegiatan konsumsi pada saat ini, tetapi kemungkinan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Faktor-faktor yang memengaruhi tabungan, yaitu:
  • besarnya pendapatan; 
  • hasrat menabung;
  • tingkat suku bunga bank; dan 
  • tingkat inflasi. 

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi, Tabungan dan Investasi


Investasi adalah bagian dari tabungan yang tidak digunakan untuk konsumsi secara langsung, tetapi digunakan untuk membantu dalam proses produksi sehingga bisa menambah penghasilan individu atau lembaga. Faktor-faktor yang memengaruhi Investasi, yaitu:
  • besarnya permintaan potensial; 
  • tingkat suku bunga bank;
  • stabilitas keamanan; 
  • MEC (Marginal Efficiency of Capital = kemampuan modal untuk menghasilkan).


Loading...
Blog, Updated at: 21.40

0 komentar:

Posting Komentar