Macam-Macam Indeks Harga dan Peran Indeks Harga dalam Perekonomian

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 15 Desember 2017

101 alasan
Loading...

Loading...
Indeks harga menggambarkan perubahan presntase harga barang yang berlaku dalam suatu negara pada waktu tertentu. Indeks harga memberikan keuntungan bgi pihak-pihak tertentu, misalnya pemilik perusahaan, pejabat pemerintah, ahli ekonomi, dan penegak hukum. Indeks harga adalah suatu rasio yang pada umumnya sudah dinyatakan dalam sebuah persentase yang mengukur satu variabel dalam waktu tertentu atau lokasi relatif terhadap besarnya variabel yang sama di waktu atau lokasi yang lainnya. Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam indeks harga dan peran indeks harga dalam perekonomian.


Macam-Macam Indeks Harga


Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, berikut ini kita akan memperdalam pemahaman mengenai angka indeks harga atau lebih sering disingkat dengan indeks harga. Ada beberapa macam indeks harga, yaitu: 
  1. Indeks Harga konsumen (IHK), yaitu indeks harga yang mengukur perubahan-perubahan yang terjadi pada harga eceran barang dan jasa yang diminta konsumen dari waktu ke waktu. Indeks harga konsumen dihitung oleh Biro Pusat Statistik. Berdasarkan buku Statistik Indonesia yang diterbitkan Biro Pusat Statistik tahun 1998, barang dan jasa yang dihitung IHK-nya terdiri atas 249 sampai 353 jenis komoditi yang dihitung berdasarkan pada konsumsi, hasil survey biaya hidup di 44 kota besar di Indonesia. Seluruh komoditi tersebut digolongkan menjadi tujuh kelompok besar, yakni bahan makanan, makanan jadi, rokok dan tembakau, perumahan, sandang, kesehatan, pendidikan, rekreasi dan olah raga, serta transportasi dan komunikasi. 
  2. Indeks Harga Perdagangan  Besar (IHPB), yaitu indeks harga yang mengukur perubahan harga yang terjadi pada bahan mentah dan barang jadi di pasar-pasar primer. Dengan demikian, harga yang diukur di IHPB merupakan harga produksi. IHPB memberikan informasi mengenai arah umum pergerakan harga. Bagi para pedagang besar, dengan melihat perkembangan IHPB mereka bisa memperkirakan keadaan harga di masa yang akan datang. Barang-barang yang dihitung dalam IHPB dikelompokkan ke dalam sektor-sektor tertentu dan tiap sektor dibagi lagi menjadi beberapa subsektor. 
  3. Indeks Harga yang Diterima dan Dibayar Petani. Indeks harga yang diterima petani adalah indeks harga yang mengukur perubahan harga yang diterima petani atas penjualan hasil produksi pertaniannya. Adapun indeks harga yang dibayar petani adalah indeks harga yang mengukur perubahan harga yang dibayar petani atas barang dan jasa yang diperlukan petani untuk konsumsi maupun untuk produksi pertaniannya. Dengan membandingkan indeks harga  yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar akan diperoleh nilai tukar petani. Mengapa  indeks harga tentang petani harus dihitung? Karena mayoritas penduduk Indonesia hidup dari sektor pertanian. Dengan menghitung indeks harga yang diterima dan dibayar petani, pemerintah dapat menetapkan kebijakan yang tepat dalam memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan petani. 
  4. Indeks Harga Saham, yaitu indeks harga yang mengukur perubahan harga saham di pasar modal. Dengan melihat perkembangan indeks harga saham, para pelaku pasar saham dapat membuat keputusan yang tepat dalam kegiatan jual beli saham. 


Peranan Indeks Harga dalam Perekonomian 

Macam-Macam Indeks Harga dan Peran Indeks Harga dalam Perekonomian


Indeks harga memiliki peranan penting dalam perekonomian. Peranan penting indeks harga meliputi: 
  1. Indeks harga dapat digunakan sebagai dasar dalam membuat kebijakan ekonomi seperti kebijakan fiskal dan moneter. Contohnya, dengan melihat perkembangan Indeks Harga Konsumen, pemerintah bisa menghitung laju inflasi. Dengan mengetahui laju inflasi pemerintah bisa menentukan berbagai kebijakan moneter, seperti menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Dengan mengetahui laju inflasi pemerintah juga bisa menentukan kebijakan fiskal, seperti berapa % kenaikan gaji pegawai negeri sipil yang tepat. 
  2. Indeks harga dapat dipakai sebagai dasar untuk menentukan kebijakan harga, agar harga yang terjadi tidak merugikan konsumen maupun produsen. Dalam hal ini, pemerintah dapat membuat kebijakan harga maksimum (untuk melindungi konsumen) atau membuat kebijakan harga minimum (untuk melindungi produsen). 
  3. Indeks barang dapat dipakai sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan ekonomi.
  4. Indeks harga dapat dipakai sebagai alat untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendorong atau yang menghambat kemajuan ekonomi. 
  5. Indeks harga dapat dipakai para pedagang dalam menentukan harga jual produk. Apabila tidak ingin rugi, besarnya harga jual produk harus selalu mengikuti perkembangan indeks harga. Jika indeks harga meningkat, harga jual produk juga harus meningkat. 
  6. Indeks harga dapat dipakai sebagai dasar untuk menentukan jumlah persediaan. Jika indeks harga terus menerus naik maka sebaiknya pembelian persediaan dipercepat untuk menghindari harga pembelian persediaan yang lebih tinggi. 
  7. Indeks harga, terutama indeks harga konsumen dapat dipakai sebagai dasar penentuan  jumlah gaji atau upah karyawan. h. Indeks harga, terutama indeks harga yang diterima dan dibayar petani, mampu memberikan gambaran mengenai tingkat kemakmuran petani. Dengan melihat perkembangan kedua indeks ini pemerintah dapat menentukan kebijakan yang tepat bagi petani. 
  8. Indeks hargautama indeks harga saham bermanfaat sebagai dasar pertimbangan dalam kegiatan jual beli saham.


Loading...
Blog, Updated at: 17.39

0 komentar:

Posting Komentar