Tujuan dan Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 22 Desember 2017

101 alasan
Loading...

Loading...
Pendapatan nasional adalah pendapatan yang diperoleh suatu negara dalam kurun waktu tertentu yang diperoleh dari berbagai transaksi ekonomi barang dan jasa. Setiap negara di dunia pasti memiliki pendapatan nasional. Pendapatan nasional tidak didapatkan begitu saja, melainkan dihitung dan diperkirakan sehingga memperoleh angka tertentu dan dijadikan acuan pembangunan. Apa yang menjadi tujuan menghitung pendapatan nasional dan apa manfaat dari menghitung pendapatan nasional, berikut ini adalah penjelasannya.

Tujuan menghitung pendapatan nasional 


Tujuan menghitung Pendapatan Nasional, yaitu:
  1. Untuk mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional, berarti semakin tinggi pula kemajuan perekonomian suatu negara. 
  2. Untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi  kemajuan ekonomi suatu negara. Misalnya, jika suatu saat pendapatan nasional menurun, melalui penghitungan pendapatan nasional kita bisa menganalisis faktor-faktor apa yang menyebabkan penurunan tersebut. 
  3. Untuk memperoleh taksiran nilai barang dan jasa secara akurat. Dengan menghitung pendapatan nasional (GNP dan GDP) kita bisa mengetahui taksiran nilai barang dan jasa secara akurat.
  4. Untuk membantu membuat rencana pembangunan. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita bisa mengetahui berbagai lapangan usaha yang menunjang perolehan pendapatan nasional. Jadi, apabila ingin meningkatkan pendapatan nasional, pemerintah harus merencanakan pembangunan lapangan-lapangan usaha tersebut.


Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Manfaat penghitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut: 
  1. Dapat mengetahui struktur ekonomi suatu negara, apakah tergolong sebagai negara agraris, industri atau jasa. Hal itu bisa diketahui dari lapangan usaha yang memberikan sumbangan terbesar terhadap pendapatan nasional.
  2. Sebagai dasar membuat kebijakan ekonomi pemerintah. 
  3. Dapat membandingkan keadaan perekonomian dari waktu ke waktu. 
  4. Dapat membandingkan keadaan perekonomian antardaerah di suatu negara. 
  5. Dapat membandingkan keadaan perekonomian antarnegara.

Tujuan dan Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional


Besar kecilnya pendapatan nasional suatu negara bergantung pada banyak hal. Salah satunya adalah sumber daya manusia. Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar akan tetapi, sumber daya manusia yang masih lemah menyebabkan pendapatan nasional Indonesia masih berada di bawah negara singapura yang memiliki wilayah kecil dan jumlah penduduk lebih sedikit.  Dengan demikian, maka pemerintah sudah sepantasnya jika berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga kita bisa meningkatkan penghasilan nasional di masa yang akan datang.

Loading...
Blog, Updated at: 21.30

0 komentar:

Posting Komentar