Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Januari 2018

101 alasan
Loading...

Loading...
Pada umumnya kisah tentang wirausaha sering menceritakan alasan-alasan yang menyebabkan keberhasilan dan kesuksesan mereka, namun jarang mereka menceritakan alasan-alasan kegagalan mereka. Pada kenyataannya terdapat juga wirausaha yang gagal. Berikut ini penyebab kegagalan wirausaha.

1. Kurangnya Pengalaman Manajemen 

Banyak wirausaha yang tidak sepenuhnya memahami sulitnya mengoperasikan sebuah perusahaan. Ada beberapa wirausaha yang akan memasuki dunia bisnis, tetapi mereka tidak tahu cara mengelolanya.

Pada waktu persoalan bisnis muncul mereka tidak mampu mengatasinya. Misalnya seorang wirausaha dengan latar belakang pendidikan teknik mungkin mempunyai kecakapan dalam desain produk, tetapi dia tidak memahami akuntansi, keuangan, pemasaran, penjualan, dan manajemen sumber daya manusia. Apabila disiplin bisnis ini diabaikan maka dapat menyebabkan kegagalan bisnis.

2. Modal bisnis yang kurang

Siapa bilang membuka usaha tidak butuh modal ? ada banyak sumber dan kata-kata sok bijak yang menekankan pada mental agar tidak perlu modal untuk berbisnis. Kata-kata seperti itu hanyalah omong kosong belaka. Berbisnis dan berwirausaha, apapun jenisnya membutuhkan modal. Tanpa adanya modal, bisnis dipastikan akan gagal. Modal bukan hanya berbentuk uang, tetapi juga ilmu dan pengalaman.

3. Kurang Mampu Membuat Perencanaan Keuangan 

Wirausaha yang berpikir bahwa mereka akan mendapat modal yang cukup pada tahun-tahun pertama usaha mereka akan kehabisan modal sebelum akhir tahun pertama. Penyusunan anggaran yang kurang seimbang akan mengakibatkan defisit keuangan. Sehingga dalam menggunakan modal harus memerhatikan penggunaan untuk masa sekarang dan masa depan.

4. Tidak melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman

Pernah dengar HP NOKIA ? Nokia adalah ponsel yang memiliki nama besar pada zamannya. Akan tetapi, kurangnya inovasi dan tidak adanya perkembangan menyebabkan ponsel ini kehilangan pasarnya. Sekarang kita lebih mengenal Samsung android maupun iphone Apple. Bisnis yang tidak mengikuti perkembangan zaman lambat laun akan tergerus oleh waktu.

5. Kurang Mampu Menganalisa Lokasi 

Di antara para wirausaha berusaha menghemat biaya dengan menempati lokasi yang kurang menguntungkan. Penempatan lokasi seperti itu akan merugikan wirausaha itu sendiri, karena pelanggan tidak tertarik untuk datang ke lokasi tersebut. Pemilihan lokasi yang benar merupakan salah satu faktor penting dalam mendirikan sebuah usaha.

6. Salah memilih mentor dan tidak mau belajar dari orang lain

Berusaha membutuhkan mentor. Kita perlu belajar dari orang yang sudah sukses, pernah sukses,pernah gagal bahkan yang sering gagal. Belajar dari kesalahan orang lain adalah salah satu hal penting untuk mengembangkan usaha. Akan tetapi, jika kita ingin mencari mentor, maka sudah seharusnya kita memilih mentor yang tepat, bukan orang sembarangan. 

7. Bersifat Boros 

Ada beberapa wirausaha yang lebih mengutamakan modal tetap daripada modal lancar. Misalnya mereka lebih memilih membeli mebel dan perlengkapan kantor baru daripada yang bekas. Ini menyebabkan modal kerja yang sedianya untuk mengoperasikan perusahaan menjadi terbatas, sehingga akan menyebabkan timbulnya persoalan lain. Contoh: seorang wirausaha memperoleh pesanan dari pelanggan dua kali lipat dari sebelumnya. Namun karena wirausaha tidak mempunyai uang tunai untuk menambah persediaan barang maka pesanan dari pelanggan tidak dapat terpenuhi. Akibatnya pelanggan bisa kecewa dan pada akhirnya menyebabkan kegagalan usaha.

8. Menjual produk yang tidak dibutuhkan

Salah satu penyebab kegagalan suatu usaha adalah produk yang dijual. Menjual produk yang tidak dibutuhkan hanya akan mendatangkan kegagalan. Jangan sampai usaha kita gagal hanya karena salah memilih produk yang tepat untuk dijual. Oleh karena itu, kita perlu menganalisa pasar. 

9. Kurang Bersedia untuk Berkorban 

Wirausaha harus berani berkorban dengan bekerja keras, terutama pada tahun-tahun yang merupakan masa pertumbuhan bisnis mereka. Mereka bersedia bekerja dengan jam kerja melebihi jam kerja rata-rata yang dilakukan oleh orang lain. Mereka harus menghadapi kesulitan hingga perusahaan menjadi kuat. Jika wirausaha tersebut tidak mau berkorban maka akan menyebabkan kegagalan usaha.

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha


Untuk menghindari kegagalan usaha maka seorang wirausaha harus mampu melihat suatu peluang dan memanfaatkannya untuk mencapai keuntungan atau manfaat bagi dirinya dan dunia sekelilingnya serta kelanjutan usahanya. Selain itu mereka harus berani mengambil risiko dengan mengadakan pembaruan (inovation). Wirausaha harus pandai melihat kedepan dengan mengambil pelajaran dari pengalaman di waktu yang lampau, ditambah dengan kemampuan menerima serta memanfaatkan realitas atau kenyataan yang ada disekelilingnya. Realitas tersebut bukan saja dibidang ekonomi, namun mencakup juga bidang sosial, pendidikan bahkan bidang agama. Dia harus mampu mengoordinasi dan mendayagunakan kekuatan modal, teknologi, dan tenaga ahli untuk mencapai tujuan secara harmonis. Dengan demikian ia adalah manajer dan menggunakan manajemen dalam usaha mencapai tujuan.

Loading...
Blog, Updated at: 18.17

0 komentar:

Posting Komentar