Jenis Badan Usaha Menurut Kepemilikan Modal

Posted by Ensikloblogia on Senin, 15 Januari 2018

Loading...

Loading...
Salah satu pengklasifikasian badan usaha adalah berdasarkan kepemilikian modal. Jenis-jenis badan usaha menurut kepemilikan modalnya terbagi atas Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Badan Usaha Campuran. Berikut adalah penjelasan mengenai bentuk badan usaha berdasarkan kepemilikan modalnya.

a. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 

Badan usaha milik negara adalah badan usaha yang seluruh modalnya milik pemerintah, kecuali ada ketentuan lain berdasarkan undang-undang. BUMN bergerak di bidang-bidang yang terkait dengan kebutuhan hidup masyarakat banyak. Contoh Badan Usaha Milik Negara adalah PT Kereta Api, Perum Damri, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

b. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) 

Badan usaha milik swasta adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pihak swasta dan tujuan utamanya mencari laba. Badan usaha ini modalnya bisa dimiliki oleh seseorang atau beberapa orang. Badan usaha swasta memiliki berbagai macam bentuk, antara lain dibuat dalam bentuk Firma (Fa), Comanditer Venootschap (CV), maupun koperasi. Contoh Badan Usaha Milik Swasta antara lain PT Indofood Sukses Makmur, PT Air Mancur, dan sebagainya.

c. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 

Badan usaha milik daerah adalah badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Contoh: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim). PDAM adalah salah satu contoh badan usaha milik daerah yang dikelola dengan baik sehingga dapat berubah menjadi skala nasional.

d. Badan Usaha Campuran 

Badan usaha campuran adalah badan usaha yang sebagian modalnya dimiliki oleh pemerintah dan sebagian lagi berasal dari swasta. Biasanya pemerintah memiliki modal sebesar 51% dari jumlah modal seluruhnya dan sisanya dari pihak swasta. Contoh Badan Usaha Milik Campuran di Indonesia adalah PT Angkasa Pura dan PT Telkom. Pemerintah tetap memiliki saham mayoritas dalam badan usaha campuran.

Jenis Badan Usaha Menurut Kepemilikan Modal


Perbedaan mendasar antara BUMN dan BUMS adalah terletak pada tujuan pendiriannya. Badan Usaha Milik Swasta didirikan dengan tujuan menghasilkan laba yang sebesar-besarnya bagi perusahaan. Sedangkan Badan Usaha Milik Negara didirikan dengan tujuan melayani dan memenuhi kebutuhan rakyat.

Oleh karena itu, maka BUMN akan berusaha semaksimal mungkin menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan harga yang murah dan terjangkau. BUMN, BUMD, BUMS dan Badan Usaha Campuran memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian dan memenuhi kebutuhan rakyat. 

Loading...
Blog, Updated at: 18.42

0 komentar:

Posting Komentar