JENIS-JENIS SAHAM

Posted by Ensikloblogia on Senin, 15 Januari 2018

Loading...

Loading...
Saham adalah salah satu komoditas ekonomi yang sering diperbincangkan saat ini, terutama dalam dunia investasi. Saham dianggap sebagai investasi menjanjikan di masa depan. Dalam ilmu ekonomi, saham dibedakan menjadi beberapa jenis.  Jenis-jenis saham dibagi berdasarkan perbedaan hak, berdasarkan cara peralihannya, berdasarkan kinerja perdagangannya,  kapitalisasi pasar dan likuiditas.

Jenis-jenis saham berdasarkan perbedaan hak


Berdasarkan perbedaan haknya, saham terbagi mejadi saham biasa, saham preferen, saham bonus, saham pendiri dan saham kosong. Berikut ini penjelasannya :
  • Saham biasa adalah saham yang tidak mempunyai kelebihan hak dari jenis saham yang lain, maksudnya para pemilik akan memperoleh dividen hanya pada saat perusahaan memperoleh laba. 
  • Saham preferen  adalah saham yang mempunyai preferensi atau hak istimewa. Hak-hak istimewa pemegang saham biasa antara lain berupa . (1) Pembagian dividen yang didahulukan, maksudnya pemegang saham mendapat pembagian dividen terlebih dahulu daripada pemegang saham biasa. (2) Pembagian kekayaan yang didahulukan, maksudnya para pemegang saham preferen mempunyai hak untuk memperoleh pembagian kekayaan perusahaan terlebih dahulu dari pemegang saham biasa, pada saat perusahaan dilikuidasi. (3) Pembagian dividen kumulatif, artinya pemegang saham preferen mendapatkan hak untuk memperoleh dividen pada setiap periode. Jika tidak memperoleh dividen pada suatu periode karena sesuatu hal, maka ia akan memperolehnya pada periode yang akan datang secara kumulatif. 
  • Saham bonus  adalah saham yang diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang saham lainnya, karena keuntungan-keuntungan perusahaan yang lalu dalam bentuk cadangan terlalu besar dan perlu dikurangi dengan memberinya dalam bentuk saham-saham baru yang disebut saham bonus. 
  • Saham pendiri adalah saham yang diberikan kepada pendiri perseroan karena jasa-jasanya pada masa pendirian perusahaan tersebut. 
  • Saham kosong adalah saham-saham yang dibeli kembali oleh perseroan dari para pemegang saham yang kemudian disimpan dan tidak ikut serta lagi dalam modal perseroan.



Jenis-jenis saham berdasarkan likuiditas


Berdasarkan likuiditasnya, saham dibedakan menjadi saham berlikuiditas tinggi, saham musiman dan saham tidur. Berikut ini penjelasannya :
  • Saham berlikuiditas tinggi adalah jenis saham yang akan mempermudah investor dalam jual beli saham, biasanya memiliki kapitalisasi pasar yang besar (blue chip) dan memiliki fundamental yang bagus.
  • Saham musiman adalah saham yang pergerakannya dipengaruhi oleh kondisi-kondisi tertentu pada badan usaha emiten, misalnya peristiwa politik, ekonomi, dan keagamaan.
  • Saham tidur adalah saham yang likuiditasnya rendah, rawan mengalami fluktuasi yang sangat drastis, bahkan hanya karena rumor bisa turun ke harga yang rendah. Saham ini sangat rentan digoreng oleh Bandar.


Jenis-jenis saham berdasarkan kinerja perdagangannya


Jenis saham berdasarkan kinerja perdagangannya terbagi atas , yaitu blue chips stock, income stock, growth stock, speculative stock, cylical stock, dan defensive stock.

  • Blue chip stock adalah saham yang memiliki reputasi yang tinggi dan merupakan pemimpin dalam industri dengan memiliki pendapatan stabil, konsisten dalam membayar deviden. 
  • Income Stock adalah saham emiten yang memiliki kemampuan membayar deviden melebih rata-rata deviden dibayarkan pada tahun sebelumnya. 
  • Growth Stock dibedakan menjadi dua jenis , yait Well Known adalah saham suatu emiten dengan pertumbuhan pendapatan yang tinggi sebagai pemimpin suatu industri bereputasi tinggi. Juga Lesser Known adalah saham suatu emiten yang tidak beperan sebagai pemimpin industri/perusahaan.
  • Speculative stock adalah saham yang konsisten dengan penghasilan setiap tahun, yang diperkirakan akan memiliki penghasilan dimasa mendatang
  • Cylical stock adalah saham yang terganggu oleh kondisi ekonomi makro dan situasi bisnis secara umum.
  • Defensive  stock adalah saham yang stabil walaupun kondisi yang tidak menentu atau resesi.


Jenis-jenis saham berdasarkan cara peralihannya


Berdasarkan cara peralihannya, saham dibedakan menjadi dua jenis, yaitu saham atas unjuk (bearer stocks) dan saham atas nama (registered stocks). 
  • Saham atas unjuk adalah saham yang tidak tertulis nama pemiliknya. Dengan demikian, maka mudah dipindahtangankan dari satu orang ke orang lainnya. Pemegang saham atas unjuk secara hukum dianggap sebagai pemilik sah saham dan berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).
  • Saham atas nama adalah saham yang didalamnya terdapat nama pemegangnya. Oleh karena itu, saham ini sulit untuk dipindahtangankan dan membutuhkan prosedur dan persyaratan tertentu. Saham ini biasa dimiliki oleh PT tertutup yang hanya dimiliki oleh keluarga dan kerabat dekat tertentu.

JENIS-JENIS SAHAM

Jenis-jenis saham berdasarkan kapitaliasasi pasar


Berdasarkan kapitalisasi pasar, saham dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu saham saham unggulan atau papan atas, saham lapis kedua dan saham lapis ketiga.
  • Saham unggulan atau papan atas disebut juga blue chip atau big cap adalah saham yang memiliki kapitalisasi di atas Rp. 40 Triliun. Saham unggulan ini biasanya bergerak di sektor yang penting untuk hajat hidup orang banyak dan dikelola secara professional. Saham ini tidak mudah digoreng Bandar dan cocok untuk investasi jangka panjang.
  • Saham lapis kedua atau second layer-medium cap adalah jenis saham yang kapitalisasinya antara Rp 1-40 Triliun. Beberapa jenis saham ini mudah digoreng di bursa karena sifatnya yang masih dalam tahap perkembangan.


Loading...
Blog, Updated at: 18.42

0 komentar:

Posting Komentar