Karakteristik Wirausaha yang Dimiliki Pengusaha Sukses

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Januari 2018

Loading...

Loading...
Wirausahawan merupakan pribadi yang mandiri dalam mengejar prestasi, ia berani mengambil risiko untuk mulai mengelola demi memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, wirausaha lebih senang menjadi pemimpin daripada menjadi pengikut, sehingga ia mempunyai rasa percaya diri yang kuat dan mampu mempertahankan diri ketika menghadapi tantangan pada saat merintis usaha. Wirausaha dalam menghadapi berbagai permasalahan, senantiasa dituntut untuk kreatif. Dia mengetahui bagaimana mencapai tujuan yang telah direncana- kan dan mampu berkonsentrasi serta berinisiatif memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman untuk mengatur langkah sesuai dengan rencana yang telah disusun. Dari uraian tersebut akan tampak ciri-ciri wirausaha. Berikut ini karakteristik seorang wirausaha. 

1. Percaya diri

Tanpa adanya rasa percaya diri, seorang wirausaha tidak akan mampu untuk menjalankan usahanya. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, seorang wirausahawan tidak akan malu ketika ditolak. Tidak akan menyerah ketika gagal, serta tidak akan mundur dengan mudah ketika mendapatkan kompetitor dan persaingan dari wirausahawan lain.

2. Berorientasi tugas dan hasil

Seorang wirausaha harus terus berfokus pada tugas dan hasil. Ia tidak seharusnya teroengaruh oleh hal lain yang mencoba untuk menjegal langkahnya menuju kesuksesan. Oleh karena itu, maka wirausahawan harus tahu dengan jelas apa yang ia lakukan sudah benar? Apakah hasil kerjanya sudah sesuai dengan yang ia inginkan, dan lain-lain.

Karakteristik Wirausaha  yang Dimiliki Pengusaha Sukses

3. Berani mengambil risiko

Berani mengambil risiko harus menjadi bagian dari mental seorang wirausahawan. Risiko kehilangan uang, waktu, tenaga, dan hubungan personal dengan orang lain pun harus dipertaruhkan demi kesuksesan wirausaha. Meskipun demikian, seorang wirausaha tidak ceroboh dalam mengambil risiko itu.

4. Kepemimpinan

Tanpa adanya jiwa kepemimpinan, maka seorang wirausahawan tidak akan mampu untuk melakukan manajemen organisasi dan menetapkan kedisiplinan untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

5. Keorisinilan

Seorang wirausaha, terutama yang memiliki keorisinilan dalam hal karakter dan ide akan lebih mudah menuju kesuksesan. Kita bisa melihat bagaimana Jeff Bezoss, Mark Zukerberg hingga Steve jobs dan Bill Gates meraih kesuksesan karena ide orisinil yang mereka punyai. 

6. Berorientasi ke masa depan

Seorang pengusaha harus bisa berorientasi ke masa depan dan bisa beradaptasi dengan masa depan. Bertahun-tahun lalu kita tidak mengenal Jack Ma, seorang pengusaha sukses China, pendiri Alibaba, salah satu toko online terbesar di dunia. Jack Ma telah membayangkan perdagangan online ketika orang baru mengenal internet. 

7. Motivasi dan tekad tinggi

Motivasi dan tekad yang tinggi dibutuhkan agar seorang wirausaha tidak kehilangan semangat. Jika seorang wirausaha telah kehilangan motivasi, maka kita bisa bayangkan bagaimana bawahannya. Motivasi dan tekad tinggi dibutuhkan untuk terus memperjuangkan hasil yang ingin dicapai.

8. Mandiri dan realistis

Pengusaha harus berkarakteristik mandiri dan realistis. Ia tidak menggantungkan keputusan pada orang lain. Ia tahu apa yang ia lakukan dan bagaimana cara melakukannya dengan benar. Pengusaha harus realistis, jangan sampai ia menargetkan hal yang tidak mungkin dicapai hanya karena ego semata.

9. Bertanggung jawab

Pengusaha akan bertanggung jawab atas segala keputusannya. Jika keputusannya menyebankan kegagalan, maka ia akan menerimanya dan menjadikannya sebagai pelajaran agar bisa sukses di kemudian hari. Ia tidak akan menyalahkan orang lain atas segala hal yang terjadi dalam bisnisnya.

10. Memiliki visi dan misi yang jelas

Visi dan misi wajib ada dalam setiap ide wirausaha. Visi dan misi menentukan arah, tujuan, dan langkah yang harus ditempuh seorang pengusaha. Tanpa adanya visi yang jelas, maka sebuah bisnis bagaikan kapal tanpa tujuan, teorombang-ambing dilautan dan hanya menunggu waktu untuk tenggelam.

Peran seorang wirausaha sangat penting bagi perkembangan perkonomian nasional. Pada dasarnya ciri-ciri seorang wirausaha adalah rasa percaya diri dan mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan orang-orang pada umumnya. Para wirausaha memerlukan kebebasan untuk memilih dan bertindak menurut persepsinya tentang tindakan yang akan membuahkan kesuksesan. Ciri-ciri wirausaha tersebut ditunjukkan dengan karakter pribadinya.

Loading...
Blog, Updated at: 18.10

0 komentar:

Posting Komentar