Langkah-Langkah Memulai Usaha bagi Calon Wirausahawan

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Januari 2018

101 alasan
Loading...

Loading...
Kegiatan Bagi Calon Wirausaha Untuk menjadi wirausahawan bukanlah hal yang mudah. Memiliki gagasan cemerlang saja tidak cukup untuk menjalankan usahanya. Gagasan tersebut harus ditunjang dengan persiapan yang matang agar keberhasilan yang memuaskan dapat tercapai. Sebelum melakukan usaha banyak hal yang perlu direncanakan dengan baik. Banyak pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu sebelum memulai usaha, seperti apa tujuan kita, apa saja yang perlu dipersiapkan, dan bagaimana cara menjalankannya.

Menentukan Ide Usaha


Ide usaha adalah segala konsep atau rencana dari kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk mencari laba. Banyak hal yang bisa digunakan untuk sumber ide. Pada dasarnya untuk menangkap suatu ide dibutuhkan kepekaan dan kejadian. Misalnya ketika dibangunnya perkantoran baru. Maka muncul ide untuk membuka warung makan, toko kelontong, foto kopi, dan sebagainya. Setelah ide ditentukan, maka langkah selanjutnya yaitu mengembangkan ide tersebut.

Perencanaan Usaha 


Sebelum memulai suatu usaha, langkah terpenting yang harus dilakukan adalah merencanakan usaha tersebut ber- dasarkan ide yang telah ditentukan. Perencanaan usaha sangat dibutuhkan dalam upaya menjawab dan menguji kesiapan seorang wirausaha sebelum usaha dimulai. Perencanaan usaha menjadi alat pembantu dalam memikirkan produk dan jasa akan ditawarkan, menentukan lokasi usaha, memahami tingkat persaingan usaha, mengetahui besarnya pembiayaan usaha, menggambarkan mekanisme keorganisasian usaha sebelum investasi ditanamkan baik dalam bentuk gedung, peralatan maupun tenaga kerja. Perencanaan usaha pada dasarnya dapat dibagi dalam empat bagian.

a. Gambaran Usaha 

Pada umumnya gambaran usaha terdiri atas bagian-bagian berikut ini. 
1) Nama perusahaan. 
2) Bentuk perusahaan. Tipe perusahaan ini dapat berupa PT, CV, firma, koperasi atau merupakan usaha baru. 
3) Tanggal berdirinya perusahaan. 
4) Nama pemilik, partner atau pemegang saham utama. Bagaimana latar belakang pemilik dan pengelola. 
5) Gambaran umum usaha dan bidang usaha yang dikembangkan beserta prospek dan pengembangannya. 
6) Jenis produk atau jasa yang ditawarkan. 
7) Menentukan lokasi usaha. 

b. Rencana Manajemen 

Merencanakan manajemen yang akan dilakukan merupakan salah satu hal terpenting dalam memulai sebuah usaha secara umum, rencana manajemen yang dibuat harus dapat memberikan jawaban atas pertanyaan- pertanyaan berikut ini. 
1) Bagaimana pengalaman dan kemampuan yang dimiliki dapat membantu usaha yang sedang dilaksanakan? 
2) Siapa yang menjadi tim manajemenmu? 
3) Bagaimana rincian tugas jabatan mereka? 
4) Apa kekuatan dan kelemahan mereka?

c. Rencana Pemasaran 

Pemasaran mempunyai peran yang sangat penting bagi kesuksesan suatu usaha. Dalam pemasaran yang terpenting adalah memahami kebutuhan atau keinginan pelanggan.

Penyusunan rencana pemasaran harus memberikan jawaban atas pertanyaan berikut ini. 
1) Siapa pelanggan yang akan dituju? 
2) Apa saja yang pelanggan harapkan terhadap produk anda? 
3) Bagaimana strategi untuk menarik pelanggan dan mempertahankan pelanggan? 
4) Bagaimana pasar yang dihadapi? 
5) Bagaimana strategi meningkatkan pangsa pasar? 
6) Berapa harga produknya?

d. Rencana Keuangan

Merencanakan keuangan sebelum memulai usaha merupakan faktor penting untuk menentukan berapa modal yang akan dibutuhkan dan menentukan jumlah dana yang diperlukan untuk menjalankan usaha dan jumlah yang diperlukan untuk mempertahankan agar usaha tersebut tetap berjalan. Bagian keuangan dari perencanaan usaha yang dibuat harus mencantumkan dana-dana luar yang dipergunakan, peralatan yang dimiliki, daftar pelanggan, ramalan laba-rugi, neraca, dan cash flow usaha.

Langkah-Langkah Memulai Usaha bagi Calon Wirausahawan

Memulai Usaha 


Apabila semua rencana di atas telah disusun dengan mempertimbangkan peluang, ancaman, kelemahan, dan kekuatan usaha tersebut, maka langkah selanjutnya yaitu memulai bisnis dengan penuh keyakinan.

Loading...
Blog, Updated at: 18.20

0 komentar:

Posting Komentar