Macam-Macam Bidang Usaha Wirausaha

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Januari 2018

Loading...

Kegiatan wirausaha dapat dilakukan di berbagai bidang usaha, baik bidang formal maupun bidang informal. Berbagai macam bidang usaha ini potensial untuk digeluti oleh seorang calon wirausahawan. Dengan demikian, maka seorang wirausahawan bisa membuka lapangan kerja kepada banyak orang dan bisa pula mendapatkan pendapatan yang layak. Berikut ini pembagian jenis-jenis usaha berdasarkan bidang usaha formal dan informal.

Bidang Usaha Formal 


Bidang usaha formal yaitu bidang usaha yang memiliki badan hukum. Bidang usaha formal bisa dalam bentuk PT, firma, CV, koperasi, dan sebagainya. Untuk mendirikan usaha ini membutuhkan modal yang besar. Sehingga untuk memasukinya perlu pertimbangan dan persiapan yang matang. Misalnya: industri pangan, biro perjalanan, restoran, koperasi simpan pinjam, penginapan, dan sebagainya.

Bidang Usaha Informal 


Bidang usaha informal yaitu bidang usaha yang tidak harus memiliki badan hukum. Jenis usaha ini seperti tukang bakso, penjual asongan, penjual buku-buku bekas, dan sebagainya.

Timbulnya usaha informal berhubungan dengan urbanisasi atau migrasi dari desa ke kota. Keterbatasan daya serap industri di kota, rendahnya tingkat pendidikan, dan keterampilan kerja sehingga tidak tertampung dalam sektor formal. Berikut ini ciri-ciri usaha informal. 
a. Membutuhkan modal yang relatif. 
b. Tidak membutuhkan keahlian khusus. 
c. Tidak perlu ada izin usaha. 
d. Umumnya tidak mempunyai tempat usaha yang permanen. 
e. Pola kegiatannya tidak teratur.

Secara umum, maka kita bisa membagi macam-macam bidang usaha yang ada di dunia dan potensial untuk digeluti adalah sebagai berikut :

Bidang usaha produksi


Bidang usaha produksi atau manufaktur adalah bidang usaha yang menyediakan dan menghasilkan barang dan jasa. Bidang usaha produksi sangat luas, mulai dari sektor pertanian, peternakan hingga pertambangan. Di sektor pertanian, seorang wirausaha bisa menghasilkan produk pertanian yang unggul yang bida memenuhi kebutuhan banyak orang. Di bidang peternakan, hasil ternak bisa memenuhi pasokan gizi yang dibutuhkan oleh suatu daerah atau wilayah. Sedangkan di sektor pertambangan, bidang usaha produksi menghasilkan mineral yang bisa diproduksi menjadi berbagai macam barang elektornik maupun sekedar perhiasan mahal.

Bidang usaha perdagangan


Bidang usaha peradagangan adalah bidang usaha yang bergerak di bidang penjualan barang-barang hasil produksi. Took retail hingga toko bangunan merupakan salah satu contoh yang menjalankan bidang usaha perdagangan. Tanpa adanya bidang usaha perdagangan, maka produsen harus memasarkan sendiri barangnya dan membuka gerai di banyak tempat. Dengan adanya bidang usaha perdagangan, maka produsen hanya perlu focus meningkatkan kualitas barang yang mereka produksi.

Bidang usaha jasa


Bidang usaha jasa tidak memberikan barang kepada konsumen akan tetapi memberikan pelayanan yang sangat memuaskan dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Contoh bidang usaha jasa adalah usaha di bidang transportasi dan perhotelan. Para pelaku wirausaha di bisnis ini akan berusaha semaksimal mungkin menyediakan sarana dan prasarana serta pelayanan yang maksimum untuk memberikan rasa puas kepada pelanggannya. 

Dari berbagai macam jenis bidang usaha, maka kita bisa melihat bahwa negara-negara yang mengandalkan bidang usaha jasa memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih baik dibandingkan yang mengandalkan bisnis di bidang produksi dan perdagangan.  Jasa perbankan, asuransi, perhotelan hingga jasa perjalanan wisata rela mengeluarkan banyak uang untuk beriklan karena bisa menghasilkan banyak pendapatan dalam waktu tidak lama. Lain halnya dengan jasa perdagangan yang hanya menjual barang hasil produksi.  

Macam-Macam Bidang Usaha Wirausaha


Seorang wirausahawan harus mengerti potensinya sehingga tidak menyia-nyiakan waktunya untuk menekuni bidang usaha yang tidak sesuai dengan kepribadiannya. Jika ia adalah seorang lulusan ilmu hukum, maka sebaiknya ia memberikan jasa batuan hukum, bukannya  membuka jasa di bidang kuliner.

Loading...
Blog, Updated at: 18.17

0 komentar:

Posting Komentar