Pengertian Bursa Efek, Pelaku dan Produk Bursa Efek serta Manfaat Bursa Efek

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 04 Januari 2018

Loading...

Bursa efek Indonesia atau (BEI) adalah salah satu istilah yang sering Anda dengar jika Anda rajin menyaksikan berita televise tentang ekonomi. Bursa efek Indonesia atau dikenal di luar negeri dengan sebutan Indonesia Stock Exchange adalah penggabungan antara Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES). Pada kesempatan ini, ada baiknya kita mengetahui apa pengertian bursa efek, siapa saja pelaku bursa efek, apa produk yang ada di bursa efek dan apa saja manfaat bursa efek bagi dunia perekonomian.

Pengertian Bursa Efek


Bursa efek adalah merupakan suatu kelompok pasar di mana kredit jangka panjang (surat banking jangka panjang ) diperjualbelikan. Bursa efek di Indonesia ada dua yaitu Bursa Efek Jakarta ( BEJ ) dan Bursa Efek Surabaya ( BES ) yang berdiri sejak Juni 1984.

Pengertian bursa efek secara umum adalah sebuah tempat yang menjadi pusat transaksi antara para pencari modal yang ingin membangun perusahaan dengan para investor yang memiliki uang dan berminat untuk melakukan investasi. Bursa efek menjadi sentra jual beli saham atau surat berharga yang sesuai dengan ketetapan dalam bursa efek.

Dalam perdagangan di bursa efek, objek penjualan adalah saham dan surat-surat berharga. Penjual dan pembeli dalam bursa efek tidak perlu melakukan jual-beli seperti di pasar tradisional. Di bursa efek, penjual dan pembeli memiliki rasa saling percaya meskipun tidak bertemu secara langsung, dan meskipun barang yang diperjualbelikan tidak memiliki bentuk fisik.

pelaku dan produk bursa efek

Pelaku Bursa efek 


Bursa efek tidak akan bisa berjalan begitu saja tanpa adanya peran dari para pelaku bursa efek. Berikut ini adalah pihak-pihak yang menjadi para pelaku di bursa efek : 
  1. Perusahaan efek adalah perusahaan yang telah memperoleh izin usaha untuk menjalankan satu atau beberapa usahanya/kegiatannya. Kegiatan ini meliputi: pedagang efek, penjamin emisi efek, perantara, manajer investasi atau penasehat investasi. Pemberi izin perusahaan efek adalah BAPEPAM (Badan Pelaksana Pasar Modal). Salah satu pelaku perusahaan efek adalah pialang saham. Pialang saham, yaitu orang yang bertugas untuk menghubungkan emiten dan investor dalam transaksi jual beli di pasar sekunder.
  2. Emiten adalah mereka yang menawarkan efek atau melakukan emisi untuk dijual atau diperdagangkan di pasar efek. Emiten biasanya adalah perusahaan yang memiliki saham tetapi membutuhkan modal untuk mengembangkan perusahaannya.
  3. Perusahaan Publik adalah perusahaan yang mempunyai modal sekurang-kurangnya Rp. 2.000.000.000. dan sahamnya dimiliki lebih dari 100 orang pemegang saham.
  4. Reksadana (invesment Fund) adalah emiten yang kegiatan utamanya melakukan investasi atau investasi kembali. Contoh PT Dana reksa.


Jenis Produk dalam bursa efek


Jenis-jenis produk dalam bursa efek Surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar modal ( bursa efek ) meliputi:
  • Comon Stocks (Saham biasa) adalah tanda bukti penyertaan/kepemilikan seorang dan atau badan usaha dalam suatu perusahaan. Saham biasa ini tidak mempunyai kelebihan hak dari jenis saham lainya.
  • Preferen Stock (Saham preferen) adalah saham yang mempunyai hak utama dalam bagian keuntungan atau hak-hak lain seperti hak mendapat bagian dalam pembubaran Perseroan Terbatas.
  • Bond (obligasi) adalah surat berharga yang menyatakan bahwa  pemilik kertas tersebut membeli hutang perusahaan yang menerbitkan obligasi. Atau surat tanda bukti hutang bagi perusahaan yang menerbitkannya.
  • Mutual Fund (Reksadana) adalah merupakan alternatif investasi para pemodal yang memiliki kemampuan dan waktu yang terbatas/khususnya pemodal kecil yang tidak mampu menghitung resiko atas investasinya.
  • Right adalah merupakan surat berharga di mana pemodal diberi hak untuk membeli saham baru yang dikeluarkan emiten. Kebijakan ini dilakukan untuk menambah saham yang beredar guna menambah modal perusahaan.
  • Warrant adalah hak untuk membeli saham biasa pada harga dan waktu yang sudah ditentukan.


Manfaat Bursa Efek 


Bagi suatu negara selalu berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat, akan selalu mengoptimalkan peran pasar modal, karena pasar modal memiliki banyak manfaat bagi suatu negara, manfaat tersebut adalah sebagai berikut. 
  • Menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang bagi dunia usaha. 
  • Sumber pembiayaan jangka panjang bagi emiten. 
  • Menambah lapangan pekerjaan.
  • Alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan resiko yang bisa diperhitungkan melalui keterbukaan/diversifikasi investasi dan likuiditas 
  • Membuka iklim keterbukaan bagi dunia usaha. 
  • Menciptakan iklim perusahaan yang sehat karena keterbukaan, penyebaran kepemilikan dan profesionalisme.
  • Penyebaran kepemilikan perusahaan sampai kepada lapisan masyarakat menengah. 
  • Memberikan wahana investasi bagi investor.

Bursa efek memiliki peran yang sangat penting sebagai tempat bertemunya investor dan pencari modal. Orang-orang yang berkerja di bursa efek seperti BEI ataupun Wall Street biasanya memiliki kehidupan yang super sibuk, tetapi memiliki penghasilan yang luar biasa yang sulit dicapai dengan pekerjaan biasa.

Loading...
Blog, Updated at: 18.35

0 komentar:

Posting Komentar