Pengertian dan Cara Pembayaran Internasional

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 04 Januari 2018

Loading...

Pengertian pembayaran internasional 


Dalam transaksi perdagangan internasional, tentu saja tidak akan terlepas dari sistem pembayaran internasional. Sistem pembayaran internasional diperlukan karena negara-negara yang melakukan perdagangan internasional pasti memiliki mata uang berbeda. Secara umum, pengertian pembayaran internasional adalah kegiatan-kegiatan dalam hubungan internasional yang menimbulkan hak dan kewajiban. Sedangkan sistem pembayaran internasional adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi perdagangan internasional.

Dalam transaksi perdagangan internasional, sistem pembayaran yang dilakukan lebih kompleks. Selain dikarenakan perbedaan mata uang, pembayaran internasional juga dipengaruhi oleh jauhnya jarak antara para pihak yang bertransaksi. Oleh karena itu, dalam berbagai macam cara pembayaran internasional, manusia mengandalkan jasa-jasa perbankan.

Cara-cara pembayaran internasional 


Dengan adanya alat pembayaran internasional dalam sistem pembayaran, maka kegiatan ekspor impor antara satu negara dengan negara yang lainnya bisa berjalan dengan lancar. Dalam pembayaran internasional, alat pembayaran internasional yang dibutuhkan adalah devisa dan valuta asing. Beberapa cara yang dapat dipakai dalam pembayaran internasional yaitu, sebagai berikut. 

a. Pembayaran tunai (cash) 

Transaskis pembayaran internasional secara tunai yaitu pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan cek atau rekening pada saat barang dikirim oleh eksportir atau sebelumnya. Pembayaran secara tunai dilakukan oleh ekportir dan importir yang baru melakukan transaksi ketika rasa saling percaya belum ada. 

b. Open account 

Open account atau pembayaran kemudian yaitu pembayaran yang dilakukan setelah barang dikirim (kebalikan dari cara cash). Cara ini membutuhkan kepercayaan diantara para pihak yang bertransaksi. Cara ini cukup berisiko jika pihak yang seharusnya membayar menolak melakukan pembayaran.

c. Surat wesel dagang (commercial bills of exchange) 

Yaitu dalam pembayaran ini eksportir menarik wesel yang ditujukan kepada importer untuk membayar uang sejumlah tertentu pada waktu tertentu. Apabila si pembeli / importer menyetujui, maka dia lalu membubuhkan tanda tangan pada draf tersebut sehingga draf tersebut bisa diperjual belikan. Jika dalam pembayaran ini yang memiliki inisiatif adalah importer disebut promes. 

d. Kliring internasional

Pembayaran dengan kliring internasional dilakukan jika eksportir dan importir dari dua negara berbeda memiliki kelebihan dana pada bank di negara lainnya. Importir akan membayar harga sesuai besar yang ditentukan pada bank dalam negeri. Dana itu kemudian ditransfer ke rekening eksportir yang ada di negara eksportir. Perbedaan kurs akan diselesaikan oleh kedua bank yang digunakan. 

Pengertian dan Cara Pembayaran Internasional

e. Letter of kredit (L/C) 

L/C adalah suatu surat yang dikeluarkan oleh bank atas permintaan importer (pemilik barang) dimana bank tersebut yang menyetujui dan membayar wesel yang ditarik oleh eksportir (penjual barang). Sehingga L/C adalah merupakan suatu alat pengganti kredit bank dan dapat menjamin pembayaranya bagi eksportir.

Loading...
Blog, Updated at: 22.47

0 komentar:

Posting Komentar