Pengertian dan Contoh Badan Usaha Ekstraktif, Agraris, Industri, Perdagangan, dan Jasa

Posted by Ensikloblogia on Senin, 15 Januari 2018

101 alasan
Loading...

Loading...
Berdasarkan lapangan usahanya, badan usaha dapat dikelompokkan menjadi badan usaha ekstraktif, agraris, industri, perdagangan da jasa. Berikut penjelasan mengenai pengertian dan contoh badan usaha atau perusahaan ekstraktif, agraris, industri, perdagangan dan jasa.

a. Badan Usaha  Ekstraktif 

Badan usaha ekstraktif adalah badan usaha yang bergerak dalam usaha mengelola bahan- bahan yang terkandung di alam sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia. Badan usaha ekstraktif menggali, mengambil, dan mengolah hasil alam secara langsung. Perusahaan ekstraktif mengambil langsung barang yang disediakan alam tanpa adanya pengelolaan atau pengusahaan sebelumnya.

Contoh badan usaha ekstraktif adalah  pertambangan, perikanan laut, dan perusahaan pembuatan garam. Pertambangan mengambil langsung mineral dari dalam tanah, perikanan laut langsung mengambil ikan yang telah ada di laut tanpa perlu membuat tambak atau kolam. Begitu pula dengan perusahaan pembuatan garam yang langung mengelola air laut menjadi garam.

b. Badan Usaha Agraris 

Badan usaha agraris adalah badan usaha yang kegiatannya dengan memanfaatkan bantuan alam atau segala kegiatan yang berkaitan dengan pertanian. Perusahaan agraris mengelola tanah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memperoleh hasil.

Contoh badan usaha agraris adalag pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan darat. Pertanian dan perkebunan mengolah tanah untuk ditanami komoditas berharga. Peternakan dan perikanan darat mengolah tanah untuk menyediakan tempat hidup bagi usaha utama mereka, yaitu ternak dan ikan. Peternak ikan darat membuat tambak sebagai tempat memelihara ikan yang menjadi komoditas utama mereka.

c. Badan Usaha Industri 

Badan usaha industri adalah badan usaha yang kegiatan produksinya meliputi pengolahan bahan mentah untuk diproses menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi yang siap untuk dikonsumsi.
 Contoh badan usaha industri adalah industri tekstil, industri kimia, industri farmasi, industri logam, dan lain-lain. Industri tekstil mengolak kain menjadi pakaian siap pakai, sedangkan industri logam mengolah logam menjadi benda berharga lainnya, seperti perhiasan ataupun onderdil kendaraan.

d. Badan Usaha Perdagangan 

Badan usaha perdagangan adalah badan usaha yang aktivitasnya melakukan pembelian sejumlah barang di suatu tempat untuk dijual kembali di tempat lain dengan tujuan mencari keuntungan. Contoh badan usaha perdagangan adalah  swalayan, supermarket, toko, dan sebagainya. Badan usaha perdagangan bisa dilakukan dengan mudah, meskipun sendirian.

Pengertian dan Contoh Badan Usaha Ekstraktif, Agraris, Industri, Perdagangan, dan Jasa

e. Badan Usaha Jasa 

Badan usaha jasa adalah badan usaha yang kegiatannya bergerak di bidang pelayanan jasa atau pemberian jasa kepada konsumen. Contoh: salon, biro perjalanan, bank, asuransi, pos telekomunikasi, dan sebagainya.

Kebanyakan badan usaha menjalankan berbagai bidang usaha, baik BUMN maupun BUMS Terkadang dalam satu badan usaha terdapat berbagai bentuk badan usaha. Misalnya bisnis perhotelan, yang di dalamnya tergolong badan usaha jasa, industri dan perdagangan. Hotel menyediakan jasa berupa penginapan. Hotel juga melakukan kegiatan industri dengan mengolah bahan mentah menjadi makanan siap saji. Ketika makanan siap saji itu dijual kepada konsumen, maka hotel telah melakukan kegiatan perdagangan.

Loading...
Blog, Updated at: 18.42

0 komentar:

Posting Komentar