Pengertian Kewirausahaan Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Januari 2018

101 alasan
Loading...

Loading...
Secara harfiah wirausaha berasal dari kata wira dan usaha.Wira artinya utama, gagah, luhur, berani, teladan atau pejuang. Sedangkan usaha artinya kegiatan yang dilakukan terus menerus dalam mengelola sumber daya untuk mendapatkan keuntungan. Dengan demikian arti wirausaha adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk melakukan usaha dalam upaya memperoleh keuntungan. Untuk memperjelas definisi wirausaha, maka berikut ini adalah beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli dan pengertian wirausaha secara umum.

Pengertian kewirausahaan secara umum adalah kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih.

Menurut Geoffrey G. Meredith, wirausaha adalah orang- orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber- sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan. 

Wirausahawan menurut Joseph Schumpeter (1934) adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk : (1) memperkenalkan produk baru, (2) memperkenalkan metode produksi baru, (3) membuka pasar yang baru (new market), (4) memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau (5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri.

Eddy Soeryanto Soegoto menyatakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah suatu usaha kreatif yang terbangun atas dasar inovasi untuk bisa menghasilkan sesuatu atau hal yang baru, mempunyai nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan suatu lapangan kerja dan hasilanya bermanfaat untuk orang lain.

Kewirausahaan menurut Zimmerer (1996) adalah suatu proses penerapan keinovasioan dan kreativitas dalam memecahkan suatu persoalan dan menemukan peluang dalam memperbaiki kehidupan usaha.

Pengertian kewirausahaan menurut Drs. Joko Untoro adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Seseorang yang melakukan wirausaha disebut wirausahawan. Wirausahawan berbeda dengan pekerja. Wirausahawan selalu berkeinginan untuk menciptakan hal-hal baru sedangkan pekerja selalu menginginkan pekerjaan dan bagaimana untuk mempertahankannya. Wirausaha juga berbeda dengan manajer. 

Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan. Dengan demikian, seorang wirausaha memiliki peran penting dalam perekonomian.

Wirausaha merintis usaha dari kecil hingga mengembangkannya sampai besar, memanfaatkan kesempatan yang ada, dan berani mengambil risiko. Adapun manajer memasuki organisasi setelah besar, mempunyai keterampilan manajerial yang lebih baik, dapat mengelola sumber daya dengan baik, dan berhati-hati terhadap risiko. 

Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Seorang wirausaha harus belajar banyak tentang diri sendiri, kekuatan, dan kelemahan dari tindakan-tindakan yang dilakukan sendiri, kegagalan harus diterima sebagai pengalaman belajar. Beberapa wirausaha dapat berhasil setelah mengalami banyak kegagalan. Belajar dari pengalaman masa lampau dan pengalaman orang lain akan sangat membantu para wirausaha dalam menyalurkan kegiatan-kegiatannya untuk mencapai hasil- hasil yang positif dan keberhasilan merupakan buah dari usaha yang tidak kenal lelah.

pengertian wirausaha menurut ahli


Seorang wirausaha adalah orang yang harus berkarakter kuat. Oleh karena itu, maka seorang wirausahawan harus memenuhi karakter-karakter wirausahawan yang baik agar bisa menuju kesuksesan. Dari berbagai pengertian di atas, kita bisa melihat bahwa para ahli menempatkan karakter-karakter unggul sebagai bagian dari ciri wirausahawan yang sukses.

Loading...
Blog, Updated at: 18.10

0 komentar:

Posting Komentar