Pengertian Kurs Valuta asing ( exchange rate ) dan Macam-Macam Valuta Asing

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 04 Januari 2018

Loading...

Loading...
Jika Anda pernah mendengar istilah trading forex (foreign exchange), maka Anda juga pasti pernah mendengar istilah kurs valuta asing atau valas. Pada kesempatan ini, ada baiknya jika kita membahas pengertian kurs valuta asing, macam-macam kurs valas, sistem kurs, serta kebijakan kurs.

Pengertian kurs valuta asing


Kurs valuta asing adalah perbandingan nilai suatu mata uang dengan mata uang negara lain. Misalnya mata uang Indonesia (rupiah) dengan mata uang Jepang (yen). Kurs dapat dibedakan menjadi sebagai berikut. 
a. Kurs jual adalah nilai tukar uang asing terhadap rupiah pada saat bank menjual uang asing kepada masyarakat. 
b. Kurs beli adalah nilai tukar uang asing terhadap rupiah pada saat bank melakukan pembelian uang asing dari masyarakat

Tingkat Kurs dipasar dapat dipengaruhi oleh: 
a. sistem kurs yang dipakai; 
b. jumlah uang yang beredar dibanding dengan jumlah barang dan jasa; dan 
c. keadaan pasar.

Macam-macam valuta asing 

Beberapa macam nama valuta asing di dunia antara lain sebagai berikut :
1. Dollar Amerika 
2. Dollar Singapura 
3. Dollar Australia 
4. Yen Jepang
5. Franch Prancis
6. Pound Inggris
7. Yuan China
8. Ringgit Malaysia
9. Krone Denmark
10. Peso Philipina
11. Real Arab Saudi
12. Euro

Sistem Kurs


Kurs bebas ( floating exchange rate ) 

Adalah sistem kurs dimana nilai mata uang dibiarkan mengambang/berubah- ubah sesuai dengan tarik-menarik antara permintaan dan penawaran valuta asing di pasar. Permintaan valuta asing berasal dari investor atau importer dalam negeri untuk membayar kegiatan impornya. Penawaran valuta asing berasal dari eksportir dan investor dalam negeri yang melakukan investasi di luar negeri. Syarat-syarat suatu negara melakukan kurs bebas. 
a. Tidak ada pembatasan terhadap penggunaan mata uang asing. 
b. Kurs valuta asing di tentukan sepenuhnya oleh pasar. 
c. Mata uang yang beredar tidak konvertibel terhadap kurs. 


Kurs tetap (fixed exchange rate) 

Adalah sistem kurs dimana tinggi rendahnya kurs valuta asing secara resmi ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga tingkat kurs bisa lebih tinggi dan lebih rendah dari pada kurs yang terjadi di pasar. Sistem ini dapat diterapkan jika mata uang dibuat dari emas atau di jamin dengan kurs. 

Kurs mengambang terkendali (managing floating rate) 

Adalah sistem kurs dimana tinggi rendahnya kurs dibiarkan mengambang tetapi terkendali oleh pemerintah/bank central. Dalam hal ini kurs yang ditetapkan oleh pemerintah/bank central tidak berlaku mutlak hanya sebagai patokan saja, tetapi bila perubahan kurs melebihi kewajaran/batas-batas yang ditetapkan pemerintah, maka pemerintah melalui bank central dapat campur tangan agar kestabilan kurs terjamin. 

Pengertian Kurs Valuta asing ( exchange rate ) dan Macam-Macam Valuta Asing

Kebijakan Kurs 

Pada dasarnya kebijakan kurs ini di maksudkan untuk menstabilkan kurs valuta asing. Kebijakan kurs meliputi devaluasi, revaluasi dan pengawasan devisa.

Devaluasi adalah suatu kebijakan pemerintah dengan cara menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap valuta asing tertentu, misalnya nilai kurs 1 dollar AS sebelum devaluasi adalah Rp. 4500 setelah devaluasi 1 dollar AS =   Rp. 9250. 

Revaluasi adalah suatu kebijakan pemerintah dengan cara menaikan nilai mata uang dalam negeri (rupiah) terhadap mata uang asing tertentu dengan tujuan tertentu pula. Tujuan revaluasi ini adalah untuk memperkuat mata uang dalam negeri. Misalnya nilai kurs 1 dollar AS sebelum revaluasi Rp. 9250 setelah revaluasi 1dollar AS = Rp. 4500. 

Pengawasan Devisa adalah suatu kebijakan pemerintah dengan cara pemerintah ikut aktif dalam pertukaran mata uang asing dengan tujuan menstabilkan nilai kurs valuta asing.

Loading...
Blog, Updated at: 19.32

0 komentar:

Posting Komentar