Peran Wirausaha dalam Perekonomian Nasional

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 02 Januari 2018

Loading...

Di era moderen, kerja sebagai pegawai sudah tidak popular lagi. Oleh karena itu, banyak anak muda era milenial yang mulai sadar untuk menjadi wirausahawan atau pengusaha. Selain tidak memberatkan APBN, wirausaha juga membuka lapangan kerja. Dengan demikian, peranan kewirausahaan dalam perekonomian nasional sangat penting bagi kemajuan bangsa. Wirausahawan memainkan peran sebagai penggerak perekonomian dan pembangunan nasional di Indonesia.

Pada masa sekarang ini, perkembangan ekonomi dunia telah mengalami perubahan dengan cepat dan memasuki bentuk ekonomi pasar yang lebih terbuka (liberalisasi perdagangan). Bangsa Indonesia yang merupakan bagian dari perekonomian dunia juga harus mengikuti perubahan tersebut. Permasalahannya sekarang bagaimana kegiatan pelaku ekonomi Indonesia mampu menghadapi pasar global dengan daya saing yang tinggi.

Salah satu faktor penting dalam mempersiapkan daya saing ekonomi nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama yang aktif, kreatif, dan inovatif sebagai pelaku ekonomi. Peningkatan kualitas sumber daya manusia perlu dilakukan untuk mengembangkan SDM sebagai wirausaha sekaligus sebagai insan dan sumber daya pembangunan. Untuk itu perlu menanamkan dan mengembangkan jiwa, semangat serta perilaku kewirausahaan seperti berikut ini. 
  1. Kemauan dan kemampuan untuk bekerja dengan semangat kemandirian. 
  2. Kemauan dan kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistematis, termasuk keberanian mengambil risiko usaha. 
  3. Kemauan dan kemampuan berpikir dan bertindak secara kreatif dan inovatif. 
  4. Kemauan dan kemampuan untuk bekerja dalam kebersamaan dengan berlandaskan etika bisnis yang sehat.


Adanya wirausaha-wirausaha nasional akan membawa manfaat baik untuk dirinya sendiri, masyarakat maupun bagi perekonomian nasional. Berikut ini peran wirausaha bagi perekonomian nasional.

Meningkatkan Produktivitas 

Produktivitas merupakan kemampuan menghasilkan sesuatu yang baru. Seorang wirausaha mampu menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Hal ini menunjukkan bahwa wirausaha termasuk orang yang produktif. Semakin banyak wirausahawan tentunya produktivitas semakin meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Menciptakan Lapangan Kerja 

Untuk mengembangkan hasil kreativitas, para wirausaha tentunya membutuhkan tenaga kerja. Kebutuhan akan tenaga kerja yang semakin meningkat menunjukkan terbukanya kesempatan kerja bagi masyarakat yang semakin besar. Dengan demikian, terbukanya lapangan kerja baru dapat mengurangi jumlah pengangguran yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Mendorong Inovasi 

Wirausaha erat kaitannya dengan penciptaan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Mereka mampu mengembangkan metode-metode baru yang inovatif. Misalnya produk kecantikan sebenarnya sudah ada sejak dahulu, oleh Moeryati Sudibyo produk kecantikan dikemas dan dikembangkan dengan berbagai inovasi. Seperti pembersih dan penyegar wajah dikemas dalam satu langkah (two in one). Sepeda motor juga demikian sudah ada sejak lama, namun akhir-akhir ini muncul sepeda motor yang didesain khusus wanita, sepeda motor yang tidak mengeluarkan banyak asap sehingga tidak menimbulkan  polusi. Komputer juga demikian, yang dahulu komputer tidak bisa dibawa bepergian, tetapi sekarang dengan adanya inovasi muncul komputer yang bisa dibawa bepergian seperti laptop.

Peran Wirausaha dalam Perekonomian Nasional

Membantu Organisasi Bisnis Besar 

Bisnis yang sudah besar biasanya memperoleh komponen- komponen dari perusahaan kecil yang memproduksi komponen tersebut. Perusahaan besar tidak memproduksi komponen tersebut karena tidak efisien jika dilihat dari segi biaya, waktu, dan tenaga. Ini merupakan peluang bagi wirausaha dalam mengembangkan kegiatannya.

Mengingat pentingnya peran seorang wirausahawan dalam perekonomian, maka sudah saatnya masyarakat kita diberikan edukasi mengenai pengembangan usaha. Anak-anak perlu diajari karakter berwirausaha sedini munnkin. Anak-anak sekolah tidak perlu lagi didoktrin menjadi pegawai negeri sejak kecil. Kewirausahaan akan meningkatkan derajat ekonomi suatu individu yang bisa berdampak luas bagi masyarakat banyak.

Loading...
Blog, Updated at: 18.09

0 komentar:

Posting Komentar