Bentuk-Bentuk Kerjasama dalam Masyarakat

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 29 Juli 2018

Loading...

Loading...
Kerja sama merupakan bentuk interaksi sosial yang pokok, bahkan manusia bisa bekerja sama dengan manusia lainnya yang tidak ia kenal dengan mudah. Kerja sama dilakukan oleh manusia dalam masyarakat dengan tujuan agar kepentingannya lebih mudah tercapai. Kerja sama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan antarindividu, antarkelompok, maupun antara individu dengan kelompok untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan untuk dicapai bersama-sama. Kerja sama dilakukan sejak zaman dahulu kala ketika manusia mulai berinteraksi dengan sesamanya. Kerja sama adalah hal yang mendorong manusia untuk membentuk keluarga, komunitas hingga masyarakat yang besar.  Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kerja sama dalam masyarakat, yaitu : 

Adanya bencana alam yang mendorong manusia untuk saling membantu. Misalnya saja dalam bencana  tsunami Aceh, banyak orang dari negara lain yang mengulurkan bantuan kepada orang lain yang tidak mereka kenal.

Adanya musuh bersama yang mencoba untuk menguasai wilayah suatu masyarakat yang telah ada sebelumnya. Misalnya kerja sama antara suku-suku bangsa di Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan dari penjajahan, meskipun suku-suku bangsa di Indonesia berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke

Adanya pekerjaan yang membuhunkan banyak pekerja seperti perusahaan pertambangan juga mendorong terjadinya kerja sama. Perusahaan mendapatkan tenaga kerja sementara para pekerja memperoleh penghasilan.

Adanya kegiatan keagamaan yang sakral dan disucikan oleh sebuah kelompok agama akan menimbulkan terjadinya kerja sama. Misalnya saja kerja sama umat Hindu Bali dalam melakukan upacara Ngaben. Di Indonesia yang penuh dengan berbagai macam agama, bentuk kerja sama selalu terjadi ketika adanya peringatan hari-hari besar keagamaan. 

Bentuk-Bentuk Kerjasama dalam Masyarakat


Dalam kehidupan bermasyarakat, setidaknya kita mengenal ada beberapa bentuk-bentuk kerja sama, yaitu :
  1. Tawar menawar  atau bargaining adalah bentuk kerja sama dengan membentuk perjanjian atau persetujuan antara para pihak yang terlibat dalam suatu sengketa dengan  melakukan perdebatan, pemberian usul, dan lain-lain.
  2. Kooptasi adalah  bentuk kerja sama dengan cara menerima unsur-unsur baru  yang dibawa oleh pemimpin suatu organisasi sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kekisruhan atau kekacauan dalam sebuah organisasi. 
  3. Koalisi adalah kombinasi atau perpaduan antara dua organisasi masyarakat ataupun partai politik  untuk mewujudkan suatu  tujuan yang sama. Koalisi dalam kehidupan politik bahkan bisa dilakukan oleh dua kelompok partai yang memiliki latar belakang ideologi yang berbeda. Oleh karena itu, tidak heran jika terkadang koalisi politik bisa pecah karena adanya perbedaan  struktur yang tidak sama satu sama lain. Koalisi terbentuk karena salah satu ciri dari interaksi sosial adalah mencapai tujua bersama.
  4. Usaha patungan atau join venture adalah kerja sama dalam bidang ekonomi dan bisnis terkait pengusahaan proyek-proyek tertentu, misalnya pengeboran minyak, pembangunan jembatan layang, pembangunan hotel, dan sebagainya. Joint venture tentu saja memiliki keuntungan dan kelebihan sendiri bagi para pihak yang terlibat di dalamnya


Loading...
Blog, Updated at: 22.06

0 komentar:

Posting Komentar