Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 29 Juli 2018

Loading...

Loading...
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, tetapi membutuhkan makhluk lainnya sehingga mendorong terjadinya interaksi sosial. Interaksi sosial manusia bisa terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok ataupun kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial manusia  bisa menimbulkan terjadinya kerja sama hingga pertikaian. Pada dasarnya, ciri-ciri interaksi sosial dalam masyarakat adalah :

Adanya lebih dari  satu orang pelaku. Interaksi sosial membutuhkan hubungan antara minimal dua orang individu. Dengan demikian, maka sebuah interaksi sosial setidaknya melibatkan dua orang yang mengadakan hubungan, baik itu dalam bentuk kerja sama maupun dalam bentuk perselisihan. Interaksi sosial juga bisa terjadi antara individu dengan kelompok, misalnya dalam hubungan antara guru dengan muridnya. Dalam pertandingan sepakbola, ada interaksi sosial antara dua tim yang sedang bertanding.

Ada berbagai bentuk komunikasi antarpelaku dengan menggunakan bahasa maupun simbol- simbol tertentu. Di dalam interaksi sosial terjadi pertukaran informasi dengan menggunakan bahasa verbal maupun non verbal. Para pihak yang terlibat dalam interaksi sosial akan menyampaikan pesan yang diinginkan melalui proses komunikasi agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

Adanya tujuan yang hendak dicapai. Dalam hubungan interaksi sosial, setiap pihak pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Interaksi sosial antara guru dengan murid misalnya bertujuan untuk melakukan transfer ilmu sehingga murid bisa mengetahui hal baru yang tidak pernah mereka ketahui sebelumnya. Bahkan, terkadang tujuan dari sebuah interaksi sosial hanyalah sebagai alat untuk beramah-tamah. 

Ada dimensi waktu yang menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung, baik itu masa lalu, masa sekarang maupun yang akan datang. setiap interaksi sosial yang dilakukan oleh para pihak yang terlibat di dalamnya dibatasi oleh dimensi waktu sehingga dapat menentukan sifat aksi yang sedang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat dalam interaksi. 

Adanya timbal balik yang dihasilkan dari sebuah interaksi sosial bagi para pihak yang terlibat di dalamnya. Timbal balik yang diharapkan bersifat positif dan berkesinambungan sehingga hubungan interaksi sosial bisa terpelihara dengan baik.

Ciri-Ciri Interaksi Sosial


Berdasarkan penjelasan  ciri-ciri interaksi sosial di atas, dapat kita ketahui bahwa interkasi sosial pada dasarnya dilakukan oleh manusia dengan tujuan tertentu yang positif dan diharapkan bisa terus berkesinambungan untuk masa depan. Di samping itu, manusia juga perlu untuk memahami aturan-aturan interaksi sosial. Interaksi sosial sangat penting untuk dilakukan manusia agar bisa menyelesaikan berbagai permasalahan dalam berbagai situasi. 

Loading...
Blog, Updated at: 22.06

0 komentar:

Posting Komentar