Letak, Luas, Batas Wilayah dan Keadaan Alam Benua Antartika serta Segala Keunikannya

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 25 Juli 2018

Loading...

Loading...
Benua Antartika adalah salah satu benua paling misterius yang ada di dunia. umumnya informasi yang kita peroleh mengenai benua Antartika adalah seluruh permukaannya yang tertutupi oleh es, meskipun ada pula yang menyatakan bahwa tidak seluruh bagian benua Antartika diselimuti oleh es. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai letak Benua Antartika secara astronomis dan geografis, luas benua Antartika serta keadaan alam dan keunikan lainnya yang ada di benua paling selatan di dunia ini.

Letak  dan luas benua Antartika


Secara astronomis, benua Antartika terletak pada 66.5⁰LS - 90⁰LS. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa benua Antartika secara geografis terletak di kutub selatan bumi.  Di permukaan bumi, benua Antartika dikelilingi oleh samudera-samudera besar di dunia, yaitu samudera atlantik, samudera hindia dan samudera Pasifik. Posisinya yang terletak pada kutub selatan bumi ini tentu saja menyebabkan benua Antartika memiliki bentang alam yang sangat berbeda dengan benua lainnya sehingga benua Antartika memiliki keunikan tersendiri.

Karena posisinya yang sangat jauh dari peradaban dunia lainnya, maka benua Antartika masih menjadi misteri hingga akhirnya ditemukan pada tahun 1820. Hingga saat ini, tidak jelas siapa yang pertama kali menemukan benua Antartika karena ada tiga klaim dari tiga negara berbeda. Selain itu, di benua Antartika tidak ditemukan peradaban sama sekali karena tidak pernah dihuni oleh manusia hingga akhirnya ditemukan.

Menurut Wikipedia, luas benua Antartika mencapai 14 juta kilometer persegi. Dengan ukuran tersebut, maka benua Antartika lebih luas dibandingkan benua Australia. Sekitar 98% dari wilayah benua Antartika tertutupi oleh es.

Letak, Luas, Batas Wilayah dan Keadaan Alam Benua Antartika serta Segala Keunikannya

Keadaan alam dan keunikan benua Antartika


Benua Antartika memiliki banyak sisi misterius yang belum terungkap. Secara umum keadaan alam benua Antartika tertutupi oleh es sehingga benua ini menjadi tempat terdingin dan tertandus di muka bumi. Suhu di benua Antartika mencapai -90⁰C pada musim dingin dan hanya mencapai 30⁰C di musim panas.

Dengan kondisi iklim yang demikian ekstremnya, maka tidak heran jika hingga saat ini belum ada manusia yang bermukim dalam waktu lama di Antartika. Orang-orang yang sebelumnya pernah ke Antartika hanya melakukan penjelajahan dan penelitian, bukan untuk bertempat tinggal.

Selain itu, hanya sedikit spesies tumbuhan dan hewan yang bisa hidup di benua Antartika. Beberapa spesies tumbuhan yang bisa hidup adalah dari jenis ganggang dan lumut. Sedangkan hewan yang hidup di Antartika hanyalah penguin, anjing laut, cumi-cumi,dan beberapa jenis ikan.

Benua Antartika dikabarkan memiliki cadangan sumber daya alam yang sangat melimpah seperti minyak bumi, emas, perak, kromium hingga batu bara. Hanya saja karena kondisi iklim yang benar-benar ekstrem menyebabkan kekayaan alam benua ini belum bisa dieksplorasi dengan baik.

Benua Antartika adalah salah satu benua yang menjadi tujuan wisata bagi para pendaki dunia karena ada Gunung Vinson Massif yang ketinggiannya mencapai 5140 mdpl sehingga termasuk dalam 7 world summits. Keunikan lain benua Antartika adalalah kondisi pergantian waktu yang selalu konstan antara siang dan malam.

Loading...
Blog, Updated at: 17.58

0 komentar:

Posting Komentar