Letak, Luas, Batas Wilayah dan Keadaan Alam Benua Australia serta Keunikan Lainnya

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 25 Juli 2018

101 alasan
Loading...

Loading...
Benua Australia adalah benua terkecil di dunia yang terletak di belahan bumi selatan. Benua ini baru ditemukan pada tahun 1770 oleh pelaut Inggris, James Cook. Dahulu benua Australia menjadi tempat tahanan narapidana Inggris. Oleh karena itu, saat ini negara Australia menjadi salah satu negara persemakmuran Inggris. Bagaimana letak, luas, batas wilayah dan keadaan alam benua Australia, berikut ini adalah penjelasannya.

Letak benua Australia secara astronomis dan geografis


Secara astronomis atau berdasarkan garis lintang, benua Australia terletak pada 10o41’ LS – 43o39’ LS dan antara 113o9’ BT – 153o39’ BT. Dengan demikian, Benua Australia terletak pada belahan bumi selatan dan berdasarkan garis bujur ada di bagian timur bumi. Nama Australia sendiri berasal dari bahasa latin “Terra Australis” yang artinya daratan di bagian selatan.

Letak benua Australia secara geografis atau berdasarkan posisinya di permukaan bumi yaitu berada di antara samudera Hindia dan samudera Pasifik. Benua Australia terpisah dari daratan lain dan hanya ada satu negara, sehingga disebut pula negara benua.

Luas dan batas wilayah benua Australia


Benua Australia adalah benua terkecil di dunia karena hanya memiliki luas kurang dari 9 juta km persegi, lebih kecil dari benua Antartika. Luas benua Australia diperkirakan hanya mencapai 8,6 juta km persegi, bahkan lebih kecil dari pada negara China, Russia, Kanada dan Amerika Serikat.

Batas-batas benua Australia berdasarkan peta dunia adalah :
Sebelah barat : Samudera Hindia
Sebelah timur : Laut Koral dan Samudera Pasifik
Sebelah selatan : Samudera Hindia
Sebelah utara : Samudera Hindia, Laut Timor dan Laut Arafuru

Letak, Luas, Batas Wilayah dan Keadaan Alam Benua Australia serta Keunikan Lainnya

Keadaan alam benua Australia


Secara umum, keadaan alam benua Australia meliputi dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Berdasarkan tinggi rendah daratannya, keadaan alam benua Australia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian timur, tengah dan bagian selatan. Bagian timur wilayah Australia terdiri atas pegunungan. Bagian tengah merupakan dataran rendah, sedangkan bagian selatan berupa plato atau dataran tinggi. 

Benua Australia termasuk benua yang sangat kering, bahkan hampir dua pertiga bagian wilayahnya berupa gurun berpasir. Beberapa gurun di benua Australia yaitu gurun Gibson, gurun Tanami, dan gurun Great Victoria.

Ada 3 pegunungan besar di Australia, yaitu pegunungan Alpen, pegunungan Hamerslay dan pegunungan Mac Donell. Di pegunungan alpen yang terletak memanjang ke selatan terdapat gunung Kosciusko yang merupakan gunung tertinggi di benua Australia yang ketingiannya hanya 2230 mdpl.
Selain itu, beberapa keunikan keadaan alam benua Australia adalah :
  • Danau eyre, merupakan danau terbesar di benua Australia. Selain itu ada Danau Torrens dan Danau Gairdner.
  • Lembah Murray-Darling dialiri  5 sungai, yaitu Sungai Darling, Murray, Lachlan, Murrmbidgee, dan Sungai Swan.
  • Sumber air artesis ada di cekungan sungai Murray.
  • Terdapat Great Barrier Reef atau karang penghalang besar di wilayah timur laut Australia yang terdiri batu-batu karang dan pulau-pulau kecil.
  • Iklim benua Australia terdiri dari iklim tropis, sedang dan gurun. Iklim tropis hanya terjadi musim hujan dan kemarau, iklim sedang 4 musim, yaitu musim semi, panas, gugur dan dingin, sedangkan iklim gurun terjadi musim kering.

Keadaan alam benua Australia yang cukup unik tersebut serta wilayahnya yang terpisah dengan benua lainnya dalam waktu yang sangat lama menyebabkan keunikan pada fauna di benua Australia. Ada begitu banyak mamalia berkantong di Australia, terutama yang paling unik adalah kanguru sehingga negara Australia biasa dijuluki negara kanguru.

Suku asli benua Australia adalah suku Aborigin yang senjata andalannya adalah bumerang. Australia baru diinvasi oleh bangsa dari benua eropa pada tahun 1851 ketika emas ditemukan. Hingga saat ini, mayoritas penduduk Australia adalah keturunan Eropa. Negara Australia menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan pendidikan terutama tingkat strata kedua (S2) bagi banyak warga negara Indonesia. 





Loading...
Blog, Updated at: 17.58

0 komentar:

Posting Komentar