Pengertian Customer Service serta Fungsi dan Tugas Customer Service

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 13 Juli 2018

Loading...

Loading...
Customer Service atau layanan pelanggan adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah persusahaan yang bergerak di bidang pelayanan barang dan jasa. Customer service menjadi salah satu bagian yang paling sering berhubungan dengan pelanggan terutama mengenai pelayanan keluhan pelanggan. Apa sebenarnya pengertian customer service, apa saja tugas customer service dan fungsi customer service pada perusahaan ? berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian customer service


Customer service adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan mengenai segala bentuk tindakan dan kegiatan yang dilakukan dan ditujukan untuk melayani dan memberikan kepuasan kepada pelanggan dalam  memberikan informasi maupun menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan.

Customer service memiliki peran penting sebagai ujung tombak suatu perusahaan karena berhubungan langsung dengan pelanggan. Seorang customer service atau biasa juga disebut CS harus memiliki skill komunikasi yang baik sehingga mampu mencari jalan keluar dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan atau tamunya.

Sebagai penghubung antara konsumen dengan perusahaan, seorang customer service harus mampu memberikan pelayanan prima sehingga masyarakat bisa mempercayai perusahaan yang bersangkutan. Dapat kita katakana bahwa wajah sebuah perusahaan atau bagaimana pelayanan sebuah perusahan bisa kita lihat dari bagaimana cara CS melakukan pelayanan.

Pengertian Customer Service serta Fungsi dan Tugas Customer Service

Fungsi Customer Service


Secara umum, fungsi customer service bisa kita bagi menjadi fungsi Customer service sebagai resepsionis, deskman, salesman, custom relation officer, dan komunikator.

1.   fungsi customer service Sebagai resepsionis


Sebagai resepsionis atau penerima tamu, customer service berfungsi sebagai pihak pertama yang menerima dan melayani  tamu yang datang ke perusahaan. Tamu perusahaan bisa bermacam-macam, bergantung pada jenis perusahaan. Misalnya nasabah atau calon nasabah di bank, tamu atau di hotel, supplier, investor, maupun para pihak lainnya yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Sebagai penerima tamu, maka sudah sepatutnya CS harus bersikap ramah, sopan dan menyenangkan.

2.    fungsi CS Sebagai deskman


Deskman adalah pihak yang berperan dalam melayani segala macam aplikasi permohonan dari calon pelanggan.  Dalam menjalankan fungsi sebagai deskman, maka CS wajib melayani segala kebutuhan yang diharapkan calon pelanggan, termasuk pengisian formulir hingga berbagai kelengkapan data yang harus diselesaikan.

 3. fungsi Customer Service    Sebagai salesman


Salesman adalah orang pertama yang menjual dan memperkenalkan suatu produk kepada pelanggan. Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas sebagai sales, maka CS harus mengerti seluk beluk suatu produk sehingga mampu menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan sebuah produk jika nanti mendapatkan pertanyaan dari pelanggan. Peran sebagai salesman membuat CS wajib memiliki kemampuan untuk merayu pembeli sehingga mau mengeluarkan uang untuk membeli sebuah produk barang maupun jasa.

4.    Sebagai customer relation officer


Sebagai customer relation officer, customer service  harus memahami cara membangun dan membina hubungan baik dengan semua pelanggan. Dalam dunia perbankan misalnya, terkadang ada kondisi tertentu yang mendorong nasabah untuk lari dan beralih ke bank lain. Di sinilah fungsi CS diuji. CS hatus mampu untuk membujuk atau merayu pelanggan ketika sedang terjadi masalah agar pelanggan tersebut tetap bertahan dengan keadaan buruk yang sedang dihadapi. 

5.    Sebagai komunikator

  
Dalam menjalankan fungsi sebagai komunikator, CS  berfungsi untuk menghubungkan perusahaan dengan pelanggan atau pihak lain yang  berkepentingan terhadap perusahaan. Dalam hal ini, fungsi CS  adalah menghubungi pelanggan dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara perusahaan dengan pelanggan. Dalam menjalankan tugas sebagai komunikator, tentu saja Customer Service wajib memiliki skill komunikasi yang baik.


 Tugas Customer Service


Berdasarkan fungsi customer service  di atas, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa tugas customer service pada sebuah perusahaan adalah sebagai berikut :

1.    Sebagai resepsionis


Tugas customer service sebagai resepsionis adalah menerima tamu yang datang dengan ramah tamah, sopan, tenang, simpatik, menarik, dan menyenangkan. Dalam hal ini customer service harus bersikap selalu memberi perhatian, berbicara dengan suara yang lembut dan jelas. Selama melayani pelanggan, customer service tidak diperkenankan merokok, makan, minum atau berbincang-bincang sesama karyawan.

2.    Sebagai deskman


Tugas customer service sebagai deskman antara lain memberikan informasi mengenai produk-produk perusahaan, menjelaskan manfaat dan ciri-ciri produk, menjawab pertanyaan pelanggan mengenai produk serta membantu pelanggan yang membutuhkan pertolongan seperti mengisi formulir.

3.    Sebagai salesman


Tugas customer service sebagai salesman adalah menjual produk; melakukan cross selling; mengadakan pendekatan dan mencari pelanggan baru; berusaha membujuk pelanggan yang baru dan berusaha  mempertahankan pelanggan yang lama; serta berusaha mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi pelanggan, termasuk keberatan dan keluhan pelanggan.

4.    Sebagai customer relation officer


Sebagai custom relation officer, tugas seorang customer serive adalah menjaga image atau citra perusahaan. Tugas detailnya adalah membina hubungan baik dengan seluruh pelanggan, sehingga pelanggan merasa senang, puas, dan semakin percaya kepada perusahaan. Tugas yang terpenting adalah sebagai penghubung antara perusahaan dengan seluruh pelanggan.

5.    Sebagai komunikator


Sebagai komunikator, tugas CS adalah memberikan segala informasi dan kemudahan-kemudahan kepada pelanggan. Di samping itu, juga sebagai tempat menampung keluhan, keberatan, atau konsultasi berbagai hal yang ada kaitannya dengan produk perusahaan secara keseluruhan.

Demikian penjelasan mengenai tugas, fungsi dan peran customer service dalam sebuah perusahaan. Semoga tulisan ini sesuai dengan harapan pembaca terkait seluk beluk informasi mengenai seorang customer service.

Loading...
Blog, Updated at: 18.02

0 komentar:

Posting Komentar