Pengertian Hubungan Bilateral, Regional dan Multilateral

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 18 Juli 2018

101 alasan
Loading...

Loading...
Sama halnya dengan manusia, suatu  negara juga memerlukan bantuan dari negara lainnya dalam hal-hal tertentu sehingga tercipta hubungan kerjasama. Hubungan kerja sama itu bisa dalam bentuk kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, tenaga kerja, hingga hubungan politik. Dalam dunia pendidikan, kerja sama antar negara terbagi menjadi kerja sama bilateral, regional dan multilateral. Berikut ini adalah penjelasan mengenai hubungan tersebut.

1. Hubungan bilateral


Hubungan bilateral adalah kerja sama yang dilakukan oleh hanya dua negara. kerja sama bilateral tentu saja hanya mengikat bagi dua negara yang melakukan hubungan tersebut. Contoh kerja sama bilateral misalnya adalah kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi terkait tenaga kerja, kerja sama pertukaran pelajar, maupun kerja sama lain dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, dan budaya.

2. Hubungan regional


Hubungan regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara yang berada di dalam suatu kawasan. Biasanya kerja sama regional akan terjadi dengan membentuk organisasi yang berperan sebagai pemersatu kepentingan negara-negara tersebut. Contoh kerja sama regional adalah kerja sama negara-negara yang berada di kawasan ASEAN. Kerja mana bilateral negara-negara ASEAN meliputi berbagai macam bidang kehidupan. 

Contoh paling nyata adalah kerja sama di bidang politik, hukum dan keamanan. Negara-negara di kawasan ASEAN wajib melakukan ektradisi terhadap pelaku kejahatan suatu negara yang lari ke negara lainnya di kawasan ASEAN. Selain itu, ada juga wacana pembentukan mata uang tersendiri bagi negara-negara ASEAN.

3. Hubungan multilateral


Hubungan multilateral adalah kerja sama yang dilakukan oleh lebih dari dua negara. organisasi-organisasi internasional juga tergolong dalam hubungan multilateral karena di dalamnya ada hubungan antar beberapa negara yang berbeda kawasan. Contoh hubungan multilateral adalah kerja sama antarnegara di PBB. Kerja sama multilateral dalam bentuk pembentukan organisasi seperti OPEC (negara-negara pengekspor minyak) ataupun organisasi perdagangan dunia (WTO).

Pengertian Hubungan Bilateral, Regional dan Multilateral


Apapun bentuk hubungan dan kerja sama, baik itu hubungan bilateral, regional, maupun multilateral, pada dasarnya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu memberikan keuntungan bagi para anggotanya. 
Kerja sama bilateral di bidang ekonomi seperti tenaga kerja tentu saja memberikan dampak positif bagi kedua negara. Negara pengirim tenaga kerja akan mendapatkan devisa sedangkan negara yang mendatangkan tenaga kerja memperoleh keuntungan dari adanya pekerja tersebut. 

Loading...
Blog, Updated at: 00.44

0 komentar:

Posting Komentar