Pengertian Imitasi, Sugesti, Identifikasi, Simpati, Empati, dan Motivasi

Posted by Ensikloblogia on Senin, 23 Juli 2018

Loading...

Loading...

Interaksi yang terjadi di masyarakat didasarkan pada berbagai faktor, antara lain imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, motivasi, dan empati. Faktor-faktor tersebut dapat bergerak sendiri-sendiri secara terpisah ataupun saling berkaitan.

Imitasi


Imitasi merupakan suatu tindakan meniru sikap, tingkah laku, atau penampilan orang lain. Tindakan imitasi pertama kali dilakukan oleh seorang manusia dengan meniru lingkungan sekitar keluarga utamanya, terutama orang tua. Ketika telah memasuki dunia pergaulan dan bersentuhan dengan orang lain, maka proses imitasi semakin luas . Proses imitasi semakin berkembang dengan pesat dan cepat seiring dengan adanya media seperti televisi dan internet.

Imitasi bisa memberikan dampak positif dan negatif tergantung pada individu yang bersangkutan. Imitasi memberikan dampak positif  jika mendorong individu untuk mematuhi kaidah sosial yang berlaku sehingga tercipta keselarasan dan keharmonisan dalam masyarakat. Sebaliknya, imitasi memberikan dampak negative jika yang ditiru adalah perilaku-perilaku menyimpang.  Dalam keadaan yang berlebihan, imitasi akan membunuh kreatifitas manusia.

Sugesti


Sugesti adalah suatu cara pemberian pandangan dan pengaruh kepada orang  lain melalui cara tertentu sehingga orang lain akan mengikuti pandangan tersebut  bahkan dengan mengabaikan sikap kritis dan rasional. Sugesti hanya akan terjadi bila pihak yang menerima anjuran atau pandangan tergugah secara emosional hingga mengabaikan pemikiran rasional. Sugesti akan berhasil jika dilakukan orang yang berwibawa ataupun memiliki pengaruh dalam masyarakat. Orang tua juga memiliki kemampuan untuk melakukan sugesti kepada anak-anak, bahkan iklan di televisi bisa memberikan sugesti kepada penontonnya. Contoh sugesti adalah anjuran dokter agar meminum obat supaya cepat sembuh dari penyakit.

Identifikasi


Identifikasi adalah keinginan yang sangat kuat dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan idolanya. Identifikasi adalah bentuk lanjut dari imitasi dan sugesti . identifkasi mendorong individu untuk meniru dan menyamakan dirinya dengan orang lain yang ditiru. Ia bahkan merasa menjadi orang tersebut. Di dalam identifikasi, individu tidak hanya meniru perilaku, bahkan mereka akan meniru keprcayaan diri orang yang ia tiru. Proses identifikasi terjadi pada orang-orang yang telah berlebihan mengagumi sebuah karaktre atau orang lain. Contoh identifikasi adalah seorang pria Filipina yang terdorong untuk melakukan operasi plastik berulang-ulang kali demi bisa terlihat sempurna seperti Superman.

Pengertian Imitasi, Sugesti, Identifikasi, Simpati, Empati, dan Motivasi


Simpati


Simpati adalah perasaan ‘tertarik’ yang timbul dalam diri seseorang dan kemampuan untuk merasakan diri kita seolah- olah berada dalam keadaan orang lain. Simpati bisa disampaikan kepada seseorang, kelompok, atau institusi. perasaan simpati menyebabkan seseorang ikut larut dan merasakan penderitaan maupun kesenangan yang dirasakan oleh orang lain. Contoh simpati adalah  perasaan sedih yang kita rasakan ketika melihat orang-orang yang menjadi korban bencana alam.

Motivasi


Motivasi adalah dorongan atau pengaruh dari luar yang diperoleh oleh seorang individu sehingga ia akan merasa bersemangat dan berupaya untuk melaksanakan apa yang ia inginkan secara rasional, kritis dan penuh  tanggung jawab. Motivasi juga dapat diberikan oleh individu kepada kelompok, kelompok kepada kelompok, atau bahkan kelompok kepada individu. Contohnya untuk memotivasi semangat belajar siswanya, seorang guru memberikan tugas-tugas yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan.

Empati


Empati merupakan sebuah proses kejiwaan  yang mendorong seseorang untuk larut dan ikut merasakan perasaan orang lain, baik suka maupun duka. Contoh empati adalah ketika  orang tua kawan kita meninggal dunia. kita kemudian akan merasakan penderitaan dan kesedihan yang dialami oleh teman kita tersebut.

Loading...
Blog, Updated at: 23.16

0 komentar:

Posting Komentar