Nama Negara di Benua Australia Beserta Ibu Kotanya

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 12 September 2018

Loading...

Loading...
Benua Australia adalah benua yang sangat unik dan dijuluki negara benua karena hanya ada satu negara di benua Australia. Negara-negara di benua Australia seperti yang tertulis dalam artikel ini adalah negara-negara bagian.  Terbentuknya negara-negara bagian ini dikarenakan Australia menganut sistem pemerintahan federal. Bedanya dengan Amerika Serikat, di negara-negara bagian Australia tidak dipimpin oleh seorang gubernur, melainkan administrator. 

Australia pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut Inggris bernama William Dampies kemudian Kapten James Cook, pelaut Inggris lainnya menyatakan bahwa Australia adalah bagian dari kerajaan Inggris.

Pada awalnya benua Australia hanya dijadikan tempat pembuangan dan tempat tahanan oleh Kerajaan Inggris. Setelah ditemukan emas barulah daerah ini menjadi tempat ideal untuk dihuni. Penduduk asli atau pribumi Australia adalah bangsa Aborigin yang senjata andalannya adalah bumerang. Keunikan lain dari benua Australia adalah banyak ditemukan hewan-hewan berkantong seperti kanguru. 

Negara Australia tergolong sebagai negara-negara persemakmuran Inggris  (commonwealth of nations) karena merupakan bekas jajahan Inggris. Australia adalah negara persemakmuran yang menganggap Ratu Elizabeth II sebagai kepala negaranya. Oleh karena itu, jika kita melihat bendera Australia, terdapat gambar Union Jack pada sebelah kiri.

negara negara bagian australia


Btw, tulisan ini seharusnya membahas mengenai nama-nama negara di benua Australia dan ibu kotanya. Perlu pula diketahui sebelumnya bahwa wilayah Australia dibagi menjadi 6 negara bagian dan 2 daerah territorial. Berikut ini adalah nama-nama ibukotanya:
1. Autralia barat, yang ibu kotanya adalah Perth.
2. Australia Selatan, yang ibu kotanya adalah Adelaide.
3. Quennsland, yang ibu kotanya terletak di Brisbane.
4. New South Wales yang ibu kotanya adalah Sydney.
5. Victoria yang  beribu kota di Melbourne.
6. Tasmania yang beribu kota di Hobart (Tasmania adalah pulau terpisah dari Australia)
7. Daerah Teritoria Australia Utara, beribukota di Darwin.
8. Ibu kota Australia ( daerah terirorial ), beribukota di Canberra.

Australia Barat adalah negara bagian terluas di benua Australia, sedangkan yang terkecil adalah negara bagian Victoria, jika kita mengesampingkan Tasmania. Penduduk Australia kebanyakan merupakan pendatang dan memiliki masyarakat yang majemuk seperti halnya Amerika Serikat. Oleh karena itu, benua Australia juga merupakan benua yang menjadi sasaran para pencari suaka dari daerah-daerah konflik.

Loading...
Blog, Updated at: 18.29

0 komentar:

Posting Komentar