Ciri-Ciri dan Karakteristik Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance)

Posted by Ensikloblogia on Jumat, 30 November 2018

Loading...

Loading...
Tata kelola emerintahan yang baik atau sering kali disebut Good Governance biasanya diartikan sebagai segala bentuk tindakan dan usaha yang dilakukan oleh pemeintah untuk membentuk pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.  World Bank atau Bank Dunia memberikan definisi good governance sebagai suatu penyelenggaranan pemerintahan di bidang pembangunan yang solid, kuat dan bertanggung jawab dan pelaksanaannya sejalan dan seiring dengan prinsip demokrasi dengan pasar yang efisien, mengindari terjadinya kesalahan alokasi dana dan anggaran investasi, mencegah terjadinya korupsi secara administratif dan politik, melakukan pelaksanaan anggaran dengan disiplin, serta menciptakan legal and political framework  yang berguna bagi tumbuhnya aktivitas usaha. 

Penerapan prinsip Good governance dalam pemerintahan dipercaya mampu untuk menciptakan  pemerintahan yang baik,bersih, dan berwibawa. Pemerintahan yang  baik yaitu pemerintahan negara yang mampu mengatur seluruh sumber sosial, budaya, politik, serta ekonomi sesuai dengan kekuasaan yang dilaksanakan masyarakat. Makna dari pemerintahan yang bersih tidak sebatas bersih dari perbuatan korupsi melainkan pula mampu menjalankan pemerintahan secara efektif, efesien, transparan, jujur, dan bertanggung jawab.

Pelaksanaan good governance menjadi impian bagi seluruh pemerintahan maupun masyarakat di dunia karena dengan terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik, maka upaya untuk menciptakan aparatur pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta melindungi kepentingan masyarakat bisa dilaksanakan secara nyata.

Dalam melaksanakan prinsip good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik, maka diperlukan kerja sama dan sinergi antara pihak-pihak yang terkait. Pihak-pihak terkait yang berpengaruh untuk terwujudnya good governance yaitu pemerintah swasta dan masyarakat. Pemerintah berperan sebagai regulator dan pelaksana administrasi sementara swasta atau wirausaha bergerak dalam pelayanan publik.

La Ode Ida, salah seorang politisi Indonesia asal Sulawesi Tenggara memberikan pendapat terkait ciri-ciri dan karakteristik tata kelola pemerintahan yang baik yaitu :
  1. Adanya perwujudan interaksi yang baik antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam rangka pengaturan segala hal yang berhubungan dengan sosial politik dan sosial ekonomi.
  2. Adanya komunikasi yang tersinergi antara pemerintah, swasta dan masyarakat untuk menghasilkan produk-produk berkualitas.
  3. Adanya usaha untuk mandiri dengan penguatan diri sendiri sehingga pemerintahan yang terbentuk dapat mengatasi kekacauan yang dinamis dalam kondisi lingkungan masyarakat Indonesia yang berdinamika tinggi.
  4. Adanya kesimbangan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang dilakukan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat sehingga menciptakan kesatuan yang saling bekerja sama dalam harmoni.
  5. Adanya independensi yang dibentuk pada pemerintah, swasta dan masyarakat sehingga ada rasa saling ketergantungan yang tetap memerlukan koordinasi dan 

Ciri-Ciri dan Karakteristik Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance)


Pada dasarnya, dalam pelaksanaan pemerintahan demi terwujudnya good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik, maka pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat sebagai stakeholder memiliki peran yang sangat besar dan berpengaruh.  Tata kelola pemerintahan yang baik akan sulit terwujud jika tidak ada sinergi yang konstruktif antara ketiga pihak yang berperan tersebut.

Loading...
Blog, Updated at: 21.09

0 komentar:

Posting Komentar