Pengertian Empati dan Contoh Empati

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 27 November 2018

Loading...

Loading...
Salah satu hal unik yang telah diciptakan Tuhan pada diri manusia yaitu adanya rasa empati.  Empati berbeda dengan simpati meskipun keduanya terdengar mirip. Empati memiliki hubungan erat dengan perasaan seseorang yang begitu kuat ketika mengetahui nasib orang lain yang mungkin saja buruk sehingga ia seperti merasakan sendiri nasib buruk yang dialami orang lain tersebut.  sedangkan simpati memiliki arti yang hampir mirip dengan empati, hanya saja kadar rasa empati terhadap penderitaan orang lain lebih besar dari pada kadar simpati. Misalnya, ketika ada orang yang meninggal, rasa empati menyebabkan seseorang merasa begitu kehilangan sehingga bisa merasakan perasaan keluarga yang kehilangan. Sedangkan rasa simpati ditunjukkan dengan bentuk kepedulian dan ungkapan duka cita kepada keluarga yang ditinggalkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian empati, contoh empati hingga manfaat rasa empati bagi manusia.

Pengertian empati


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), empati merupakan suatu kondisi mental di mana seseorang bisa merasakan atau mengidentifikasi dirinya dalam kondisi emosional, perasaan, serta pemikiran yang serupa dengan orang lain maupun dengan kelompok lainnya.Empati adalah sebuah perasaan yang sangat mendalam sehingga seseorang memiliki kemampuan untuk mengetahui dan merasakan perasaan orang lain. Perasaan empati menyebabkan manusia bisa ikut merasakan kesedihan orang lain, kesengsaraan, bahkan euphoria kesenangan dari orang lain. 

Perasaan empati adalah perasaan yang lumah dan wajar ada di dalam diri setiap manusia. Jika manusia tidak memiliki rasa empati, maka patut diprtanyakan bagaimana psikologis orang tersebut. Perasaan empati mendorong manusia untuk saling membantu karena adanya pemikiran bahwa kondisi buruk yang dialami orang lain bisa saja terjadi pada dirinya sendiri. Perasaan empati memicu manusia untuk bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.

Contoh empati


Contoh empati dalam kehidupan sehari-hari sangat bisa kita temukan dengan mudah, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya dan memiliki perasaan. Beberapa contoh sikap empati yaitu :
  1. Ketika terjadi gempa dan bencana alam yang terjadi di suatu daerah, kita ikut merasa empati dan merasakan kesedihan, kesulitan hidup, kelaparan, kekurangan bahan pakaian sehingga kita  berusaha untuk mengumpulkan dana untuk memberikan bantuan sebanyak mungkin.
  2. Ketika melihat orang tua renta di jalanan yang harus mengemis untuk menyambung hidup, rasa empati kita akan muncul dan merasakan bagaimana getirnya kehidupan manusia di hari tua. Oleh karena itu, kita akan membantu sebisa mungkin dengan memberikan sedekah.
  3. Ketika melihat anak-anak jalanan yang harus mengemis dan mengamen untuk menyambung hidup, hati kita terketuk dan berempati sehingga mendorong kita untuk memberikan pendidikan agar anak-anak tersebut bisa memiliki masa depan yang lebih baik.


Manfaat Empati


Perasaan empati yang dimiliki manusia terhadap sesame sangat memiliki dampak positif dalam kehidupan manusia. Selain berdampak untuk orang yang sedang kesulitan, perasaan empati juga memberikan pengaruh positif bagi kehidupan orang-orang yang memiliki rasa empati. Adapun manfaat perasaan empati diantaranya :
1. Rasa bahagia karena telah bisa membantu orang lain
2. Memiliki kehidupan sosial yang lebih baik
3. Menumbuhkan rasa cinta kepada diri sendiri dan orang lain 
4. Menjadikan kita manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

baca juga :

Loading...
Blog, Updated at: 08.07

0 komentar:

Posting Komentar