Jenis-Jenis Kota berdasarkan Tingkat Perkembangannya

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 05 Desember 2018

Loading...

Loading...
Sebuah kota akan tumbuh dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kota yang awalnya kecil bisa menjadi begitu besar apalagi jika didukung dengan pembangunan dalam berbagai sektor seperti pendidikan dan industri. Urbanisasi pun mendorong penduduk desa meninggalkan kampung halamannya menuju kota. Dengan demikian, kota akan terus berkembang. Terkadang bahkan ada kota yang telah dibangun yang ditinggal penghuninya kemudian menjadi kota mati. Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis kota berdasarkan pada tingkat perkembangannya.

  1. Tingkat epolis, yaitu desa yang fase perkembangannya sudah cukup pesat sehingga menunjukkan tanda-tanda peralihan dan perubahan dari desa menuju kota. Kebanyakan desa di Indonesia yang letaknya tidak begitu jauh dari ibu kota Provinsi bisa menunjukkan gejala-gejala perkembangan menuju perkotaan.
  2. Tingkat polis, yaitu sebuah kota yang telah berkembang, akan tetapi ciri-ciri masyarakatnya masih argaris. Sumber penghidupan utama masyarakat yang berada di kota pada fase polis yaitu pertanian.
  3. Tingkat  metropolis, yaitu kota yang perkembangan ekonomi dan industriya semakin pesat. Kota metropolis membuka peluang kepada masyarakat pedesaan yang membutuhkan lapangan kerja. oleh karena itu, lambat laun kota metropolis akan berkembang menjadi kota megapolis. Kota metropolis atau biasa kita dengar juga dengan istilah kota metropolitan diantaranya adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.
  4. Tingkat megapolis yaitu wilayah perkotaan yang terdiri dari beberapa kota metropolis yang jaraknya saling berdekatan sehingga terlihat seperti satu jalur perkotaan yang sangat besar. Kota-kota megapolis banyak terdapat di negara-negara maju berpenduduk besar. Di Amerika misalnya, kota megapolis terbentang dari Boston hingga Washington.
  5. Kota Tyranopolis yaitu kota yang kehidupannya penuh dengan kerawanan sosial, kekacauan pada pelayanan umum hingga tingginya angka kriminalitas. Kota tyranopolis menunjukkan gejala-gejala sosial yang parah dan bisa saja ditinggalkan  oleh penduduknya. 
  6. Kota necropolis, yaitu kota yang sedang menuju keruntuhan, biasanya ditandai dengan mulai berkurangnya masyarakat yang mendiami kota tersebut. Kota nekropolis biasa juga dikenal dengan istilah kota mati.

Jenis-Jenis Kota berdasarkan Tingkat Perkembangannya


Setiap kota memiliki unsur-unsur kota dan potensi kota. Kebanyakan kota-kota di dunia adalah kota yang masih berada pada tingkat epolis dan polis. Di beberapa negara juga terdapat banyak kota metropolis sedangkan jenis kota megapolis masih sangat jarang ditemukan, terutaman di negara-negara misin dan negara berkembang. Sejarah mencatat bahwa ada beberapa kota di dunia yang telah mati dan ditinggalkan oleh penghuninya. Salah satu contohnya adalah Kota Chernobyl di Ukraina yang ditinggalkan penduduknya akibat adanya ledakan besar pada reactor nuklir di Chernobyl.  

Loading...
Blog, Updated at: 08.01

0 komentar:

Posting Komentar