Pengertian dan Definisi Pengangguran Konjungtural serta Contohnya

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 06 Desember 2018

Loading...

Loading...
Masalah pengangguran adalah masalah yang selalu dihadapi oleh setiap negara, bahkan oleh  negara maju sekalipun. Perubahan-perubahan dalam kehidupan perekonomian memunculkan masalah yang salah satu diantaranya adalah pengangguran konjungtural. 

Apa itu pengangguran konjungtural ? definisi pengangguran konjungtural secara umum bisa kita artikan sebagai pengguran yang terjadi karena perubahan yang sangat besar pada sklus bisnis dan perkembangan ekonomi. 

Sebagai contoh, ketika kondisi ekonomi sedang berkembang pesat, maka lapangan kerja akan semakin banyak. Ada orang yang melamar di perusahaan sepatu dan diterima. Ketika bisnis sepatu sedang berada pada puncaknya, maka akan semakin banyak orang yang direkrut untuk bekerja. Akan tetapi, ketika bisnis sepatu mulai merugi, maka perusahaan akan mulai menurunkan kapasitas produksi dan perlahan-lahan memecat atau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada buruh-buruh pabrik yang tidak lagi dibutuhkan. Buruh pabrik yang terkena PHK inilah yang kemudian kita sebut dengan istilah pengangguran konjungtural.

Orang-orang yang terpaksa menjalani hidup sebagai penganguran konjungtural pada dasarnya memiliki kecakapan dan skil yang cukup baik dalam bekerja. Hanya saja, keadaan ekonomi terpaksa menyebabkan mereka harus rela meninggalkan pekerjaan sebelumnya. 

Besar kecilnya jumlah pengangguran konjungtur di suatu negara sangat bergantung pada kestabilan ekonomi suatu negara. ketika kestabilan perekonomian negara melemah, maka perusahaan terpaksa harus mengurangi jumlah tenaga kerja.

Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam mengatasi semakin besarnya jumlah pengangguran konjungtural. Oleh karena itu, maka langkah-langkah pemerintah untuk segera menciptakan lapangan kerja sangat diharapkan oleh para pengangguran. Pemerintah harus mampu menciptakan proyek baru dan menarik investasi asing sehingga adanya lapangan kerja baru yang dibuka. Pemerintah harus pula terlebih dahulu mengandalkan tenaga kerja local dibandingkan tenaga kerja asing.

Selain peran pemerintah, peran pihak swasta juga dibutuhkan. Pihak swasta biasanya memiliki ide-ide dan kemampuan yang out of the box sehingga memungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang bisa menyerap para penganguran konjungtural. 

Pengertian dan Definisi Pengangguran Konjungtural serta Contohnya


Di samping itu, para pengangguran konjungtural sebenarnya bisa berbenah, dengan meningkatkan skill dan kemampuan sehingga nantinya tidak bergantung pada perusahaan,bahkan bukan tidak mungkin seorang pengangguran konjungtural dengan skill yang mumpuni bisa berkembang mendirikan sebuah bisnis yang akan membantu pengangguran lainnya.    

Di dalam sistem ekonomi liberal yang menyebabkan terjadinya pasar bebas dan persaingan usaha, sangat banyak kemungkinan orang-orang yang terpaksa berhenti dan menjadi pengangguran konjungtural. Lain ceritanya jika orang-orang hidup dengan sistem ekonomi tradisional. jika hidup dalam wilayah yang menganut sistem ekonomi tradisional, maka kita akan sulit menemukan pengangguran konjungtural. 

Loading...
Blog, Updated at: 08.08

0 komentar:

Posting Komentar