Pengertian Pengakuan De Facto dan Pengakuan De Jure

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 08 Desember 2018

Loading...

Loading...
Salah satu  syarat tambahan sehingga sebuah negara yang baru merdeka disebut sebagai negara adalah adanya pengakuan secara de facto maupun de jure. Pengakuan de facto dan pengakuan de jure udalah unsur-unsur tambahan pembentuk negara. unsur-unsur utama pembentuk negara adalah adanya rakyat, wilayah dan pemerintahan yang berdaulat. Apa pengertian dan perbedaan pengakuan secara de facto dan pengakuan secara de jure, berikut ini adalah penjelasannya .

Pengakuan de facto adalah pengakuan yang diberikan negara lain kepada suatu negara yang baru merdeka berdasarkan kenyataan dan fakta bahwa negara yang baru merdeka itu telah memenuhi unsur-unsur negara. Pengakuan de jure adalah pengakuan yang diberikan kepada suatu negara secara resmi telah memenuhi syarat-syarat menurut hukum internasional. Dengan adanya pengakuan secara de jure, maka negara-negara yang baru merdeka resmi memiliki hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat internasional.

Secara de facto, Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Akan tetapi, secara de jure Indonesia baru betul-betul merdeka dan memenuhi syarat menurut hukum internasional pada tanggal 18 Agustus 1945. Pengakuan kemerdekaan Indonesiasecara de jure sehari setelah kemerdekaan karena pada tanggal 18 Agustus 1945 Indonesia akhirnya memiliki konstitusi, melakukan pemilihan presiden dan wakilpresiden, serta terbentuknya KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) yang peranannya sama seperti DPR ada saat ini. Sejarah mencatat bahwa, negara Belanda baru mengakui Kemerdekaan Negara Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949.

Pengakuan dari negara lain adalah unsur deklaratif berdirinya suatu negara. pengakuan dari negara lain merupakan unsur tambahan terbentuknya suatu negara, akan tetapi sangat penting karena menentukan arah pergaulan suatu negara di kancah internasional.

Pada awalnya, negara-negara yang baru merdeka hanya mendapatkan pengakuan secara de facto karea telah memiliki rakyat, wilayah dan pemerintahan yang berdaulat. Pengakuan secara de facto baru diberikan jika telah mampu memenuhi hak dan kewajibannya sebagai bagian dari masyarakat internasional.

Pengertian Pengakuan De Facto dan Pengakuan De Jure



Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa kita lihat bahwa pengakuan secara de facto berarti pengakuan yang didasarkan atas fakta. Sedangkan pengakuan secara de jure berarti pengakuan secara resmi menurut hukum. 

Loading...
Blog, Updated at: 07.48

0 komentar:

Posting Komentar