Pengertian Referendum dan Macam-Macam Referendum

Posted by Ensikloblogia on Senin, 03 Desember 2018

Loading...

Loading...
Kata referendum bukan lagi menjadi hal asing bagi kita. Baru-baru ini, kita mendengar istilah referendum kemerdekaan Catalonia dari Spanyol. Ada juga referendum yang dilakukan pemerintahan Inggris untuk menentukan apakah Inggris akan keluar dari Uni Eropa atau tetap tergabung dengan Uni Eropa. Sejarah mencatat, bangsa Indonesia pernah memberikan kesempatan kepada referendum kepada Timor Timur yang akhirnya setelah dilakukan referendum, Timor Timur memilih lepas dari Indonesia. Apa itu referendum dan berapa macam referendum ? berikut penjelasannya.

Secara umum, pengertian referendum yaitu  meminta kepada rakyat untuk memberikan pendapatnya secara langsung terkait nasib dan masa depan rakyat yang berdiam di suatu wilayah. Referendum juga bisa diartikan sebagai penentuan nasi sendiri oleh rakyat agar dilaksanakan oleh pemerintah.

Referendum adalah penyelesaian masalah suatu bangsa dengan melibatkan seluruh masyarakat karena menyangkut kepentingan banyak orang. Referendum umumya dilakukan untuk hal-hal yang sifatnya sangat vital dan krusial, seperti perubahan konstitusi, maupun pemisahan diri dari suatu negara.

Contoh beberapa referendum yang terkenal antara lain adalah :
  1. Referendum Quebec 1995 di mana warga Quebec diminta menentukan nasib, apakah ingin membentuk negara sendiri atau masih tergabung bersama Kanada. Hasilnya, mayoritas warga Quebec menginginkan untuk tidak memisahkan diri dari Kanada.
  2. Tahun 1999, dilakukan Referendum Timor Timur. Hasilnya, Masyarakat Timor Timur memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia kemudian membentuk negara baru yaitu Timor Leste.
  3. Tahun 2016, Negara Inggris mengadakan referendum untuk menentukan arah kebijakan ekonomi Inggris. Referendum dilakukan terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau tetap tergabung dengan Uni Eropa. Hasilnya, masyarakat menginginkan agar Inggris keluar dari Uni Eropa. Kebijakan ini kemudian dikenal dengan “Brexit”.

Ada juga negara yang melakukan referendum untuk hal-hal yang sifatnya sepele. Misalnya tentang penggolongan suatu tindak pidana ke dalam hukum atau penggunaan pestisida. Negara Swiss adalah negara yang paling banyak melakukan referendum, yaitu sebanyak 550 kali.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam referendum :
  1. Referendum obligatoir, yaitu referendum yang sifatnya wajib. Referendum obligatoir biasanya menyangkut hak-hak rakyat sehingga sebelum suatu kebijakan diambil, maka terlebih dahulu harus meminta persetujuan masyarakat.
  2. Referendum fakultatif adalah referendum yang dilakukan apabila dalam waktu tertentu suatu kebijakan telah dilaksanakan, akan tetapi sebagian orang menginginkan agar diadakan referendum. Hasil referendum akan menentukan berlaku atau tidak berlakunya kebijakan tersebut.
  3. Referendum konsultatif yaitu referendum yang bersifat teknis. Bahkan rakyat biasaya tidak tau maksud dan hal yang akan direferendumkan tersebut.

Pengertian Referendum dan Macam-Macam Referendum


Referendum adalah suatu langkah yang diambil oleh pemerintah suatu negara untuk hal yang sifatnya krusial. Hasil dari referendum umumnya akan dilaksanakan oleh pemerintah. Akan tetapi, ada juga referendum dimana pemerintah menolak pelaksanaan referendum tersebut. Contohnya adalah referendum rakyat Catalonia yang ingin memerdekakan diri dari Spanyol. Hasil referendum tersebut tidak bisa dilaksanakan karena adanya penolakan dari pemerintah Spanyol.


Loading...
Blog, Updated at: 00.32

0 komentar:

Posting Komentar