Unsur-Unsur Kota dan Potensi Kota

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 04 Desember 2018

Loading...

Loading...
Unsur-unsur kota berarti segala sesuatu yang menyusun dan membentuk sebuah kota, baik unsur yang bersifat alami maupun non alami ataupun yang bersifat sosial maupun nonsosial. Kota adalah wilayah di mana jumlah penduduk sangat besar dari pada kepadatan penduduk suatu negara. kota adalah pemukiman yang diatur secara administrasi dalam perundang-undangan dan memiliki ciri-ciri perkotaan. 

Ciri-ciri suatu kota bisa dilihat pada beberapa hal, diantaranya :
  • Ada banyak gedung-gedung perkantoran 
  • Ada sarana dan prasarana untuk hiburan
  • Ada banyak gedung-gedung pemerintahan 
  • Ada alun-alun yang menjadi pusat perkumpulan jika ada kegiatan yang dilakukan pemerintah kota
  • Ada tempat-tempat parkir kendaraan yang telah tersedia
  • Ada fasilitas dan sarana olahraga bagi masyarakat yang terlalu sibuk dengan pekerjaan
  • Ada daerah terbuka hijau yang sengaja dibuat untuk paru-paru kota.
  • Ada kompleks perumahan penduduk yang terdiri dari kelas biasa, hingga kelas elite perkotaan.

Sebuah kota memungkinkan penduduknya untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhannya karena hampir seluruh kebutuhan ada di dalam kota. Kota yang maju tidak lagi mengandalkan sektor agraris. Industri, perdagangan dan jasa telah menjadi komoditas utama memperoleh penghasilan bagi masyarakat kota.

Berikut ini adalah unsur-unsur kota :
  1. Unusr fisik kota, yaitu unsur yang pengaruhnya berasal dari lokasi dan tempat kota itu berada. Unsur fisik kota diantaranya adalah iklim dan cuaca, kesuburan tahan, bentang alam, dan lain-lain.
  2. Unsur sosial, yaitu unsur yang terbentuk karena pengaruh hubungan antar penduduk sehingga menciptakan keserasian dan ketenangan.
  3. Unsur ekonomis, yaitu segala fasilitas yang membantu masyarakat kota untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Unsur ekonomis biasanya berupa pasar, gedung pertokoan, konter-konter ponsel, gerai mobil mewah, dan lain-lain.
  4. Unsur-unsur budaya yaitu unsur yang mendorong manusia untuk lebih bergairah menjalani kehidupan perkotaan karena lebih memberikan corak yang berbeda dibandingkan daerah bukan kota. Unsur budaya seperti gaya hidup masyarakat perkotaan.

Unsur-Unsur Kota  dan Potensi Kota


Setiap jenis kota, baik kota epolis hingga kota metropolis memiliki potensi. Potensi kota yaitu segala hal yang bisa timbul karena terbentuknya kota. Potensi-potensi kota antara lain yaitu :
  1. Potensi sosial, menyebabkan munculnya fasilitas-fasilitas penunjang kesejahteraan sosial. Misalnya yayasan, lembaga-lembaga amal, organisasi pemuda, tempat Ibadah, dan lain-lain.
  2. Potensi ekonomi yaitu potensi yang memungkinkan berdirinya sarana fasilitas penunjang kegiatan ekonomi. Potensi ekonomi misalnya adalah pendirian bangunan-bangunan mall mewah, toko retail, franchise asing, bank, stasiun dan lain-lain.
  3. Potensi politik, menimbulkan munculnya aparatur-aparatur yang sengaja didirikan untuk mengatur jalannya kehidupan di perkotaan.
  4. Potensi budaya yaitu potensi yang muncul akibat adanya interaksi antar budaya yang mendorong terjadinya budaya-budaya baru di perkotaan. Wujud dari pelaksanaan potensi budaya adalah berdirinya gedung-gedung kesenian, munculnya tempat-tempat khusus breakdancer, tempat nongkrong anak muda, dan lain-lain. 


Loading...
Blog, Updated at: 08.00

0 komentar:

Posting Komentar