Pengertian Perbedaan dan Contoh Penduduk dan Bukan Penduduk

Posted by Ensikloblogia on Senin, 04 Maret 2019

Loading...

Loading...
Di dalam wilayah negara Indonesia saat ini, ada begitu banyak orang atau rakyat atau penduduk yang terdiri atas penduduk yang berkewarganegaraan Indonesia maupun warga negara asing. Rakyat dibedakan berdasarkan hubungannya dengan daerah tertentu dalam suatu wilayah negara menjadi penduduk dan bukan penduduk. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan penduduk dan bukan penduduk.

Pengertian dan contoh penduduk

Penduduk adalah orang-orang Indonesia asli atau orang asing atau masyarakat yang tinggal menetap di wilayah negara Indonesia dan berdomisili tetap di wilayah negara Indonesia dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, penduduk umumnya adalah orang-orang yang sudah secara turun temurun bertempat tinggal di wilayah negara Indonesia.orang asing yang sudah lama tinggal menetap di Indonesia juga termasuk penduduk. Dengan demikian, kita bisa mengetahui bahwa contoh penduduk adalah semua orang Indonesia yang tinggal menetap dan berdomisili di Indonesia serta orang asing atau WNA yang tinggal di wilayah Indonesia selama kurun waktu tertentu.

Pengertian dan contoh bukan penduduk

Bukan penduduk adalah kebalikan dari penduduk. Pengertian bukan penduduk adalah orang-orang asing yang berada di wilayah negara Indonesia hanya untuk sementara waktu dan umumnya waktu ini sangat singkat. Yang tergolong bukan penduduk adalah orang-orang asing yang sedang melakukan kunjungan wisata atau kunjungan kerja di Indonesia. Biasanya mereka akan dilengkapi dengan visa wisatawan.

Perbedaan penduduk dan bukan penduduk

Dari pengertian dan contoh penduduk dan bukan penduduk di atas, maka kita sudah bisa menarik kesimpulan bahwa perbedaan antara penduduk dan bukan penduduk tergantung pada tujuan keberadaanya di wilayah negara Indonesia. Jika keberadaanya di wilayah Indonesia untuk menetap dan bertempat tinggal atau berdomisili, maka ia termasuk penduduk. Sedangkan bukan penduduk hanya sementara di Indonesia keberadaannya.

Contoh Penduduk dan Bukan Penduduk


Selain itu, penduduk memiliki hak untuk bekerja di Indonesia sedangkan bukan penduduk tidak memiliki hak untuk mencari pekerjaan. Orang asing yang datang sementara hanya mengurus urusan bisnis lalu kembali ke negara asalnya termasuk golongan bukan penduduk. Sementara orang asing yang ke Indonesia untuk bekerja dan memiliki izin tinggal tergolong sebagai penduduk.



Loading...
Blog, Updated at: 18.39

0 komentar:

Posting Komentar