Pengertian Kingdom, Phylum, Divisio, Class, Ordo, Familia, Genus, dan Spesies serta Contohnya pada Hewan dan Tumbuhan

Posted by Ensikloblogia on Senin, 27 Mei 2019

Loading...

Loading...
Salah satu cabang ilmu biologi adalah taksonomi, yaitu ilmu yang mempelajari penggolongan atau klasifikasi makhluk hidup. Di dalam ilmu taksonomi, hewan dan tumbuhan dibedakan berdasarkan berbagai macam klasifikasinya. Ilmu taksonomi diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus yang memperkenalkan hirarki atau takson pengelompokkan makhluk hidup. Hirarki tersebut yaitu Kingdom, Phylum, Divisio, Class, Ordo, Familia, Genus, dan Spesies. Phylum dan  divisio berada pada tingkatan yang sama, yaitu di bawah kingdom. Bedanya, phylum atau filum digunakan untuk hewan sedangkan atau dividio atau divisi digunakan untuk tumbuhan. Berikut ini penjelasan mengenai definisi Kingdom, Phylum, Divisio, Class, Ordo, Familia, Genus, dan Spesies.

1. Kingdom

Kingdom adalah tingkatan tertinggi dalam pengklasifikasian makhluk hidup. Berdasarkan ilmu yang umumnya kita ketahui, makhluk hidup hanya terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Akan tetapi, menurut ilmu taksonomi dan seorang ilmuwan bernama Thomas Cavalier Smith, ada 6 kingdom dalam biologi, yaitu Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), fungi (jamur), chromista, Protozoa dan Bacteria. Untuk  lebih jelas, silahkan baca artikel 6 macam kingdom dalam biologi dan taksonomi.

2. Phylum

Phylum atau filum adalah urutan taksonomi kedua setelah kingdom. Istilah filum digunakan untuk kingdom animalia. Untuk  menentukan filum hewan, maka ilmuwan mempertimbangkan bentuk, struktur dan ciri-ciri hewan serta melihat keturunan dan proses evolusi yang terjadi pada hewan tersebut. Contoh filum pada hewan diantaranya adalah Molusca (kerang-kerangan), chordata (hewan-hewan bertulang), Echinodemata (bintang laut dan kawan-kawannya), arthopoda, dan lain-lain.

3. Divisio

Divisi juga merupakan urutan taksonomi di bawah kingdom, tetapi digunakan dalam klasifikasi tumbuhan.  Pertimbangan mengelompokkan tumbuhan berdasarkan divisi juga mengacu pada bentuk dan struktur tumbuhan tersebut serta proses evolusinya. Contoh divisio diantaranya adalah Bryophita (lumut), Pteridophyta (tumbuhan paku) dan spermatophyte (tumbuhan berbiji).

4. Class

Class berarti kelas, adalah urutan ketiga dalam taksonomi hewan dan tumbuhan. Klass terdiri dari sekelompok tumbuhan dan hewan yang memiliki ordo yang sama. Contoh kelas pada tumbuhan adalah Monocotil dan dicotil. Sedangkan contoh kelas pada hewan adalah mamalia (hewan menyusui), amphibi, aves (burung) dan reptile (Serangga).

5. Ordo

Ordo adalah tingkatan di bawah kelas yang terdiri atas beberapa famili hewan maupun tumbuhan. Ordo juga berarti bangsa. Contoh ordo tumbuhan adalah Poales, Myrtales dan Sapindales. Contoh ordo dalam klasifikasi hewan antara lain adalah Carnifora dan Galliformes.

6. Familia

Familia adalah tingkatan taksonomi hewan dan tumbuhan yang berada di bawah ordo. Familia memiliki arti yang sama dengan suku. Pengelompokkan hewan dan tumbuhan berdasarkan familianya melihat pada kekerabatan dan persamaannya.  Contoh familia hewan adalah Canidae yang merupakan keluarga kucing.    Jagung dan padi adalah tumbuhan yang memiliki familia atau suku yang sama yaitu Poaceae (suku rumput-rumputan).

7. Genus

Genus berarti marga. Genus adalah pengelompokkkan untuk hewan dan tumbuhan yang memiliki marga yang sama tetapi berbeda spesie atau jenis. Contohnya adalah bawang merah (Alium sativum) dan bawang putih (Alium cepa). Keduanya berada dalam satu genus, yaitu Alium. 

8. Spesies

Spesies adalah tingkatan terendah dalam taksonomi makhluk hidup. Makhuk hidup yang berada dalam spesies yang sama memiliki ciri-ciri morfologi, fisiologi dan biokimia yang mirip. Contoh spesies adalah Oryza sativa (Padi) dan Zea mays (jagung). Dalam penulisan nama spesies dalam bahasa latin harus memperhatikan kaidah bahwa nama latin ditulis miring, kata pertama huruf besar sedangkan kata kedua harus huruf kecil.

Contoh klasifikasi hewan 

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Class : Mammalia
Ordo : Carnivora
Familia: Felidae
Genus : Felis
Spesies : Felis catus


Contoh klasifikasi tumbuhan

Pengertian Kingdom, Phylum, Divisio, Class, Ordo, Familia, Genus, dan Spesies serta Contohnya pada Hewan dan Tumbuhan

Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Ordo : Poales
Familia: Poaceae
Genus : Zea
Spesies : Zea mays

Loading...
Blog, Updated at: 00.30

0 komentar:

Posting Komentar