Pengertian P3K, Maksud, Prinsip dan Tujuan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 26 Mei 2019

Loading...

Loading...
Pertolongan pertama pada kecelakaan atau biasa disingkat P3K adalah pertolongan pertama yag diberikan kepada orang-orang yanga mengalami kecelakaan ataupun sakit dan gangguan kesehatan lainnya sebelum memperoleh pertolongan dari tenaga medis seperti dokter, perawat, bidan atau pun paramedis. Pertolongan pertama pada kecelakaan sifatnya hanya sementara, dan bukan langkah utama dengan harapan agar korban tidak ketakutan berlebihan serta yang paling penting agar korban tidak mengalami keadaan yang lebih parah lagi.

Kehidupan manusia memang penuh dengan segala kemungkinan-kemungkinan. Ada orang yang masih sehat bisa saja tiba-tiba mengalami serangan jantung, ada pula yang tiba-tiba pingsan, bahkan ada yang tadinya sedang asyik balapan tiba-tiba terjatuh dan mengalami kecelakaan. Pada kondisi itulah, dibutuhkan keahlian P3K.

Pertolongan pertama pada kecelakaan atau musibah tersebut harus ditangani dengan baik. Hindari rasa panik dan terburu-buru, perlakukan korban dengan baik, serta yang terpenting adalah jangan biarkan korban merasa panik dengan keadaannya. Oleh karena itu, maka kita perlu mengetahui berbagai prinsip, maksud dan tujuan P3K.

Maksud P3K

Adapun maksud pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan diantaranya adalah :
  1. Mengurangi dampak yang lebih berbahaya akibat kecelakaan atau penyakit yang tiba-tiba menyerang
  2. Memberikan perasaan tenang kepada korban sehingga tidak gelisah dan takut yang justru akan lebih memperparah keadaan
  3.  Mencegah korban mengalami cacat yang lebih lanjut jika tidak segera ditangani
  4.  Mencegah bahaya maut sehingga kemungkinannya bisa dihindar


Tujan P3K

Adapun tujuan P3K yaitu :
  1. Memberikan ilmu dan pelatihan yang tepat agar seseorang dapat menangani masalah apapun yang berhubungan dengan kecelakaan dan gangguan lainnya dengan cepat dan tepat
  2. Menghindari terjadinya penanganan yang tidak tepat terhadap korban
  3. Membantu korban kecelakaan sehingga terhindar dari keadaan lebih parah yang membahayakan jiwanya
  4. Memberikan pertolongan pertama terhadap korban yang sakit mendadak atau mengalami kecelakaan


Maksud, Prinsip dan Tujuan P3K

Prinsip P3K

Dalam memberikan bantuan atau pertolonngan pertama pada korban kecelakaan, maka harus memperhatikan prinsip-prinsip P3K. adapun prinsip pemberian pertolongan pertama pada korban kecelakaan diantaranya :
  1. Jangan panik, tetap tenang. Perhatikan korban dengan baik. Jangan tergesa-gesa meindahkan korban karena bisa saja satu langkah kecil akan memperparah keadaan, bukannya menolong malah membunuh korban.
  2. Berikan pertolongan dengan cepat dan tepat. Gunakan mata dan semua indra dengan sebaik-baiknya, kemudian ambil langkah yang paling tepat.
  3. Perhatikan keadaan korban, apakah masih sadar atau pingsan. Selain itu, pada korban kecelakaan perhatikan pendarahan korban serta luka-luka dan kemungkinan patah tulang yang dialami korban.
  4. Periksa pernapasan korban dan denyut nadinya. Pernapasan korban mungkin dalam keadaan yang tersengal-sengal atau bahkan bisa berhenti.
  5. Amankan korban di tempat yang aman. Dalam keadaan apapun, korban kecelakaan harus segera diamankan di tempat yang aman sehingga tidak menambah kondisi lebih parah.
  6. Segera bawa korban ke rumah sakit sesaat setelah memperoleh pertolongan pertama.


Berdasarkan pengertian P3K, maksuk, tujuan dan prinsip P3K di atas, dapat kita ketahui bahwa pemberian pertolongan pertama pada korban kecelakaan sangat penting, mengingat satu langkah kecil berpengaruh pada keselamatan korban. Pemberi bantuan P3K harus berhati-hati dalam mengambil tindakan dan mengutamakan keamanan dan keselamatan korban.

Loading...
Blog, Updated at: 05.37

0 komentar:

Posting Komentar