Pengertian Warga Negara dan Contoh Warga Negara

Posted by Ensikloblogia on Sabtu, 18 Mei 2019

Loading...

Loading...
Di dalam literature pendidikan kita, terdapat perbedaan antara penduduk dan bukanpenduduk maupun antara warga negara dan bukan warga negara. warga negara dalah salah satu syarat mutlak terbentuknya suatu negara. Tanpa adanya warga negara, maka mustahil suatu negara bisa terbentuk. Untuk menjadi warga negara, maka setiap orang harus memenuhi syarat menjadi warga negara. berikut penjelasannya.

Pengertian warga negara


Ada banyak pengertian warga negara yang dikemukakan oleh para ahli. Akan tetapi, jika kita merujuk pada Undang-Undang No. 12 Pasal 1 angka 1 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, pengertian warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan Undang-Undang sebagai warga negara Indonesia.

Dengan demikian, siapapun bisa menjadi warga negara Indonesia. Seseorang yang telah menjadi warga negara berarti ia tunduk pada segara aturan terkait kependudukan di negara tersebut. Untuk menjadi warga negara, maka bisa dilihat dari keturunan maupun dari pilihan orang tersebut.

Misalnya saja, saya adalah warga negara Indonesia yang lahir dan besar di Indonesia, sehingga dengan demikian, saya menjadi warga negara Indonesia. Selain itu, ada Christian Gonzalez (Pesepakbola Indonesia), yang meskipun ia adalah orang keturunan Uruguay yang lahir di Uruguay, akan tetapi ia memilih menjadi warga negara Indonesia melalui proses naturalisasi atau disahkan di undang-undang sebagai warga negara Indonesia. Ada pula Stefano Lilypalli, pesepakbola Indonesia yang lahir di Belanda tetapi memiliki keturunan Indonesia yang akhirnya memilih Indonesia sebagai negaranya dan menjadi warga negara Indonesia.

Warga negara tidak harus mendiami suatu negara. contohnya adalah mahasiswa-mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Meskipun mereka berada di negara lain, mereka tetaplah warga negara Indonesia.

Dengan menjadi warga negara, maka seseorang telah menjadi anggota dari suatu komunitas yang sangat besar yang memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Pengertian Warga Negara

Contoh warga negara


Di dalam Pasal 26 ayat (1) UUD 1945 disebutkan bahwa yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

Orang-orang bangsa Indonesia asli adalah penduduk asli negara Indonesia yang sejak dahulu mendiami wilayah Indonesia dan membentuk suku-suku. Orang-orang bangsa Indonesia asli tersebar dari Sabang sampai Merauke. Contoh suku-suku asli Indonesia adalah suku Batak, Jawa, Bugis, Makassar, Minang, Madura, Buton, Dayak, Tengger, Bali, Sasak, Asmat, Dani, Dayak, dan lain-lain sebagainya.

Warga negara keturunan yang disahkan menjadi warga negara Indonesia terdiri dari beragam etnis atau bangsa, misalnya Arab, Tionghoa, India, Eropa, Amerika Latin, dan lain-lain sebagainya.


Pada intinya, warga negara Indonesia asli dan warga negara keturunan adalah warga negara Indonesia yang sama-sama wajib berjuang  bahu membahu demi mewujudkan cita-cita luhur dan tujuan bangsa Indonesia dalam ikatan Bhineka Tunggal Ika. 

Loading...
Blog, Updated at: 08.52

0 komentar:

Posting Komentar