Sebagai Pemimpin: Tingkatkan Kinerja Karyawan dengan Cara Ini!

Posted by Ensikloblogia on Senin, 27 Mei 2019

Loading...

Loading...

Sebagai Pemimpin: Tingkatkan Kinerja Karyawan dengan Cara Ini!


Semangat kerja karyawan bukan hanya dipengaruhi besar kecilnya gaji yang akan mereka dapatkan. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa gaji adalah poin penting dari sebuah pekerjaan. Namun, disamping besar kecilnya gaji ada faktor lain yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu sikap atasan kepada karyawannya. Kepribadian yang dimiliki pemimpin dapat mempengaruhi kinerja karyawannya.

Banyak karyawan yang enggan menyelesaikan pekerjaannya secara maksimal karena tidak mendapatkan dukungan dari atasan. Oleh sebab itu, sebagai pemimpin perusahaan, Anda harus melakukan yang terbaik untuk karyawan demi kemajuan perusahaan. Seorang pemimpin harus bisa meningkatkan kinerja karyawan. Berikut tips meningkatkan kinerja karyawan yang dapat diterapkan oleh pemimpin.

1.    Melibatkan dalam Penentuan Tujuan Perusahaan

Penting bagi pemimpin untuk melibatkan karyawan dalam penentuan tujuan perusahaan yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu. Karyawan adalah bagian dari perusahaan Anda, jadi libatkan mereka dalam setiap pembahasan dan perencanaan tujuan yang akan dicapai. Hal tersebut akan membuat karyawan merasa menjadi bagian terpenting perusahaan karena dilibatkan dalam diskusi bersama. Inilah yang akan membuat karyawan lebih aktif dan semangat dalam bekerja.

2.    Memberikan Apresiasi

Tingkatkan kinerja karyawan dengan memberikan pujian dan apresiasi atas kerja kerasa mereka. Saat karyawan melakukan pekerjaannya dengan baik, jangan lupa memberikan pujian. Jika ada karyawan berprestasi, jangan ragu untuk memberikan apresiasi atau bonus khusus. Hal ini yang akan memicu semangat kerja karyawan untuk menjadi lebih baik setiap harinya, karena merasa dihargai.

3.    Memberikan Masukan yang Membangun

Tak hanya karyawan berprestasi yang perlu diperhatikan. Karyawan yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaanya juga perlu mendapatkan perhatian dari atasan. Jika Anda melihat karyawan yang melakukan kesalahan dalam bekerja, berikan masukan yang membangun. Jangan memperlakukan karyawan dengan buruk atau mempermalukannya di depan karyawan lain saat berbuat salah. Berikan nasihat dan solusi terbaik dari masalah yang sedang mereka hadapi.

cara meningkatkan kinerja karyawan

4.    Memberikan Kebebasan pada Karyawan

Perusahaan memiliki peraturan tertentu yang harus ditaati karyawannya. Namun, bukan berarti peraturan tersebut menekan kebebasan karyawan. Pastikan peraturan yang dibuat oleh perusahaan tetap memberikan kebebasan kepada karyawannya, misalnya kebebasan berpendapat. Berikan kebebasan kepada pegawai Anda untuk menyampaikan keluhan tentang pekerjaan, ide kreatif, saran, kritikan, dan sebagainya.




5.    Memfasilitasi Keahlian Karyawan

Sebagai seorang pemimpin, tak hanya fokus pada pemberian tugas kantor saja. Namun, Anda juga harus memahami bagaimana karakteristik karyawan Anda, keahlian apa yang mereka miliki. Terkadang posisi yang ditempati karyawan tidak sesuai dengan keahliannya. Maka dari itu penting bagi perusahaan mengetahui lebih jauh tentang keahlian karyawan yang patut dikembangkan. Beri fasilitas agar keahlian yang dimiliki bisa berkembang. Misalnya, dengan memberikan pelatihan khusus. Hal ini bisa membuat karyawan lebih kompeten dalam bidangnya dan bekerja lebih maksimal.

Itulah 5 tips meningkatkan kinerja karyawan yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin perusahan. Untuk meningkatkan kinerja karyawan secara tepat dan akurat, gunakan aplikasi LinovHR, sebagai software HRD terbaik yang mendukung produktivitas tim HR perusahaan Anda.

Aplikasi HRD Terbaik LinovHR memiliki banyak fitur dan modul yang dapat memudahkan HRD dalam mengelola karyawan seperti time management, payroll, feedback, organization management, personal administration, recruitment, goal management, competency management, performance appraisal, benefit, loan, employe self services, workflow.

Dengan semua modul tersebut Perusahaan akan dapat tidak hanya dapat memaksimalkan pengelolaan karyawan agar lebih baik lagi, sehingga karyawan dapat mencapai kinerja terbaik mereka.


Loading...
Blog, Updated at: 23.30

0 komentar:

Posting Komentar