Pengertian dan Contoh Herbivora, Karnivora dan Omnivora serta Ciri-Cirinya

Posted by Ensikloblogia on Minggu, 21 Juli 2019

Loading...

Loading...
Di dalam ilmu taksonomi, ordo hewan dikenal menjadi 3 ordo yaitu herbivora, karnivora dan omnivora. Semua hewan yang ada di dunia pasti tergolong kepada salah satu dari ordo tersebut. Bisa dikatakan bahwa klasifikasi hewan menjadi ordo-ordo tersebut berdasarkan pada jenis makanannya. Hewan herbivora, karnivora dan omnivora tentunya memiliki ciri-ciri uniknya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian, contoh dan ciri-ciri herbivora

Sesuai dengan namanya, herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Hewan-hewan mamalia memamah biak adalah contoh herbivora yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh herbivora diantaranya adalah kuda, sapi, kambing, domba,zebra, gajah, jerapah dan lain-lain sebagainya.
Berdasarkan contoh itu, kita bisa melihat bahwa ciri-ciri utama hewan herbivora adalah giginya yang terdiri dari gigi seri untuk memotong makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Umumnya hewan herbivora bersifat jinak sehingga tidak terlalu berbahaya bagi manusia.
Hewan herbivora banyak dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sapi, kambing, dan kuda bisa diternakkan, diambil susunya, maupun dagingnya dijadikan sebagai bahan makanan.

Pengertian, contoh dan ciri-ciri karnivora

Kata carnivore berasal dari bahasa Latin, yaitu carno yang artinya adalah daging. Dengan demikian, maka pengertian karnivora yaitu hewan pemakan daging. Di dalam ekosistem, biasanya hewan karnivora akan menjadi pemangsa utama hewan-hewan herbivora. Contoh hewan karnivora diantaranya adalah singa, harimau, anjing, buaya, dan lain-lain.

Pengertian dan Contoh Herbivora, Karnivora dan Omnivora serta Ciri-Cirinya

Ciri-ciri utama hewan karnivora adalah pada gigi taringnya. Hewan karnivora memiliki gigi taring yang berfungsi untuk mencabik-cabik makanannya. Selain itu, hewan karnivora umumnya juga memiliki cakar yang sangat kuat sehingga bisa digunakan untuk memburu dan melumpuhkan mangsanya.
Hewan-hewan karnivora umumnya adalah hewan yang liar. Akan tetapi, ada beberapa hewan karnivora yang biasa dipelihara oleh manusia, seperti kucing dan anjing. Anjing bisanya diandalkan sebagai sahabat yang baik, sebagai pemburu, bahkan di kepolisian digunakan sebagai pelacak jejak.

Pengertian, contoh dan ciri-ciri omnivora

Hewan omnivora adalah hewan yang unik karena bisa memakan segalanya. Hewan omnivora tidak memilih untuk memakan daging ataupun tumbuhan. Susunan giginya terdiri dari gigi taring, gigi seri dna gigi geraham.
Contoh omnivora yang paling umum kita ketahui adalah babi dan tikus. Kedua hewan tersebut memakan apapun yang ada dihadapannya tanpa pandang bulu. Selain itu, ayam juga bisa kita kategorikan sebagai hewan omnivora.

Loading...
Blog, Updated at: 08.55

0 komentar:

Posting Komentar