Mengapa Kerja Sebagai PNS Masih Jadi Pilihan Karir Generasi Milenial

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 07 Januari 2020

Loading...

Loading...
Generasi milenial konon memiliki budaya dan minat kerja yang jauh berbeda dengan generasi di atasnya. Pilihan karir para generasi orang tua kita kebanyakan adalah menjadi abdi negara atau biasa kita kenal dengan PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Bekerja sebagai PNS telah menjadi cita-cita orang tua kita terdahulu sehingga ketika mereka memiliki anak, maka anak-anaknya juga akan didorong menjadi PNS.

Lain halnya dengan generasi milenial atau generasi Z. Bekerja menjadi karyawan bagi perusahaan orang lain ataupun karir sebagai PNS yang perannya mengabdi kepada negara sudah tidak popular lagi. Kebanyakan generasi milenial menginginkan pekerjaan yang memberikan mereka kebebasan dan keleluasaan. Oleh karena itu, bekerja sebagai entrepreneur ataupun freelancer yang bekrja di dunia digital sangat populer bagi kalangan milenials.

Akan tetapi, di sisi lain masih ada generasi milenial yang menginginkan pekerjaan sebagai PNS. Apa alasannya ? mungkin asumsi saya berikut ini bisa menjadi jawaban mengapa profesi PNS masih diminati kalangan milenials.

1. Jaminan masa tua yang cerah

Tidak ada pekerjaan yang bisa menjamin masa tua dan masa depan yang cerah seperti PNS. Keunggulan ini hingga saat ini selalu dielu-elukan oleh orang tua kita. Kerja sebagai PNS memberikan jaminan hari tua bagi anak istri pensiunan PNS. Meskipun sebenarnya jika dipikir secara rasional, uang pensiun itu cukup rendah dan mungkin gaya hidup sebelum pensiun pasti akan berubah drastis. Oleh karena itu, orang-orang yang ingin kehidupan selalu terpuaskan tidak memilih profesi PNS. Karena alasan ini pula, pekerjaan sebagai PNS cocok dilakukan oleh orang-orang yang bisa hidup sederhana.

profesi PNS sangat populer bagi semua kalangan

2. Anti PHK, tidak perlu takut perusahaan gulung tikar

Jadi PNS itu tidurnya enak. Tidak perlu takut jika sawah gagal panen karena banjir, tidak perlu takut bisnis gagal karena ditipu orang, tidak perlu takut jika perusahaan gagal meningkatkan kapasitas produksi, tidak  perlu takut perusahaan gagal berkembang sehingga kena PHK, dan tidak perlu takut dengan ketakutan-ketakutan lainnya. Inilah salah satu kenyamanan yang didapatkan PNS. Tidak perlu heran, jika orang tua kita selalu membanggakan pekerjaan PNS yang begitu membuat kita hidup nyaman ini. Tapi, bagi kebanyakan generasi muda yang mencintai tantangan, pekerjaan PNS ini dianggap cenderung membosankan.

3. Pekerjaan santai gaji tetap aman

Bagaimana beban kerja PNS ? banyak anggapan bahwa pekerjaan PNS itu santai. Yah, bisa dikatakan memang seperti itu. Jadi PNS itu, kita tidak perlu memikirkan target yang harus kita capai. Kita tidak perlu memikirkan kreditur yang gagal bayar utang dan melarikan diri, dan lain-lain sebagainya. Sebagai PNS, anda hanya akan menjadi pelayan masyarakat. Jika ada yang butuh pelayanan, anda perlu siap sedia memberikan layanan. Jika tidak ada yang butuh layanan anda, tidak apa-apa kok. Gaji tetap lancar. Ini karena pekerjaan PNS itu berbeda dengan berbisnis. Di dunia bisnis, keberhasilan ditentukan oleh besar kecilnya profit. Sedangkan di dunia PNS, keberhasilan ditentukan oleh seberapa puasnya masyarakat terhadap layanan yang anda berikan.

4. Gampang dapat fasilitas kredit

Ini juga salah satu alasan kuat mengapa orang berebut untuk jadi Pegawai Negeri Sipil. Pekerjaan sebagai PNS sangat menjamin dan memastikan anda bisa mendapatkan kredit dengan mudah. Entah apa tujuan anda melakukan kredit, apakah untuk investasi atau sekedar berfoya-foya. Saran saya, hindari kredit. Hidup anda bisa terseok-seok nantinya karena terlalu banyak memikirkan utang.

5. Disukai calon mertua

Di Indonesia, orang tua mana yang mau menolak jika anaknya dilamar oleh seorang PNS ? ada donk. Anak konglomerat. 

Pekerjaan PNS itu adalah pekerjaan idaman orang tua kita sejak zaman baheula, jadi sampai saat ini, orang tua dari zaman itu masih menyukai profesi PNS. Jika anaknya gagal jadi PNS, setidaknya punya menantu PNS. 

Begitulah orang tua, konon katanya selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk dalam memilih pasangan hidup. Jadi, jika anda adalah pria yang butuh jodoh, ingin nikah tapi belum direstui mertua, sudah saatnya anda melamar jadi PNS. Kecil kemungkinan anda akan ditolak oleh calon mertua. Kecuali calon mertua anda pengusaha sukses dan konglomerat atau anak jendral.

6. Diinginkan gadis-gadis

Bukan hanya orang tua. Dengan menjadi PNS, maka siap-siap saja. Anda akan diinginkan oleh gadis-gadis. Seragam apapun yang anda pakai, jika memiliki pangkat, anda pasti akan mendapatkan lirikan gadis-gadis. Termasuk yang dulu pernah menolak anda. 

Dengan memakai seragam PNS, ketampanan anda akan meningkat beberapa persen dan kewibawaan anda akan naik secara drastis. Yang paling penting adalah keuangan anda yang lebih terjamin. Jadi, tidak perlu heran jika pekerjaan sebagai PNS masih menjadi pilihan karir anak muda.

7. Panggilan jiwa untuk melayani negara

Tidak semua orang menjadi PNS karena alasan-alasan di atas. Ada juga yang memang idealis. Orang-orang ini menjadi PNS karena ingin melayani negara. mereka ingin mengubah bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Orang-orang yang menjadi PNS karena ingin mengabdi kepada negara ini pada dasarnya meyakini bahwa jika bukan mereka yang melakukan perubahan, siapa lagi ?. oleh karena itu, jika anda ingin negara ini berubah menjadi lebih baik, jangan hanya berkoar-koar di media sosial. Tunjukkan kejantananmu. Mengabdilah kepada negara.

8. Demi membahagiakan orang tua

Alasan ini terjadi pada beberapa orang. Ada yang memilih karir sebagai pegawai negeri demi membahagiakan orang tua. Mau bagaimana lagi ? orang tua seperti tidak bahagia jika anaknya tidak menjadi PNS.

Akhirnya, anak yang berasal dari latar belakang keluarga seperti ini terpaksa mengubur mimpi-mimpinya demi menjadi pembalap atau penyanyi dangdut demi membahagiakan orang tua. Sungguh anak yang baik.

9. Tidak diterima di tempat lain

Nah, klo ini adalah alasan keterpaksaaan. Sudah mencoba melamar sana sini, melamar di perusahaan bonafid dan BUMN besar dengan gaji selangit, tetapi berakhir dengan penolakan. 

Pada akhirnya mencoba melamar sebagai PNS dan diterima. Takdir memang tidak berpihak kepada anda untuk melayani negara. Terima kenyataan, jalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab, maka hidup anda akan bahagia.

Bagaimanapun juga, pekerjaan sebagai PNS akan selalu ada dan selalu terbuka selama Republik Indonesia kita tercinta ini masih berdiri. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk berkarir sebagai abdi negara dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil. Jangan takut dengan gaji kecil, karena anda bisa saja membawa dampak yang sangat besar bagi bangsa ini.

Pada akhirnya tulisan ini harus berakhir. Apapun alasan anda penjadi Pegawai Negeri Sipil, ingat selalu tugas anda sebagai pelaksana kebijakan public, pelayan public, serta perekat dan pemersatu bangsa. 

Jangan korupsi, jangan ambil yang bukan hak anda dan ingat selalu bahwa profesi PNS tidak bertujuan mencari keuntungan. Standar keberhasilan seorang PNS adalah jika layanan yang ia berikan bisa memusakan masyarakat dan menyelesaikan permasalahan masyarakat.

Loading...
Blog, Updated at: 16.56

0 komentar:

Posting Komentar