8 Tim Unggulan Kandidat Juara Euro Menurut Saya

Posted by Ensikloblogia on Kamis, 03 Juni 2021

Setelah sempat ditunda selama  1 tahun karena pandemic Covid-19, akhirnya piala eropa atau EURO 2020 bisa diselenggarakan. Piala eropa yang seharusnya diselenggarakan pada tahun 2020 kemarin diundurkan dan dihelat pada tahun 2021 ini. 24 tim terbaik yang telah lolos ke putaran final telah dibagi menjadi 6 grup yang akan bersaing untuk memperebutkan tiket ke babak 16 besar. Di EURO 2020 kali ini tentu saja yang memiliki tim-tim unggulan yang saya prediksikan akan lolos dan bisa menjadi juara. Berikut ini adalah urutan tim unggulan di EURO 2020 versi saya.


Tim Unggulan Kandidat Juara Euro


8. Belanda

Setelah sempat terpuruk beberapa lama dan absen di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, Tim Nasional Belanda akhirnya kembali ke jalur juara. Di UEFA Nations league Belanda berhasil sampai ke partai final sebelum akhirnya ditumbangkan oleh Portugal. Sejatinya, timnas Oranye adalah salah satu favorit saya untuk menjadi juara di EURO kali ini. Namun, oleh karena Belanda telah ditinggalkan oleh Ronald Koeman dan kepelatihan Frank De Boer belum menampakkan hasil yang luar biasa, maka saya menempatkan Belanda ada di unggulan ke 8. Tergabung di Grup C bersama Ukraina, Austria dan Makedonia Utara, menyebabkan peluang belanda lolos dari fase grup sangat terbuka. 


7. Jerman

Tim nasional Jerman adalah tim spesialis turnamen. Biasanya saya selalu menempatkan timnas Jerman sebagai unggulan di posisi 3 besar. Namun  karena penampilan timnas Jerman akhir-akhir ini kurang menggigit, saya hanya menempatkan Jerman di unggulan ke 7. Timnas Jerman tergabung di grup neraka bersama Portugal dan Prancis. Melilhat sejarah pertemuan, Prancis dan Jerman mungkin lebih diunggulkan. Namun, melihat performa saat ini, Portugal menurut saya lebih berpeluang mengangkat trofi dari pada Jerman. Lagi pula, saat ini Jerman sedang ada dalam fase transisi. Setelah gagal total di piala dunia 2018, Jerman tampil dengan banyak wajah baru. Sayangnya, tidak ada striker mumpuni di skuad Jerman saat ini. Jika timnas Jerman menjadi juara, itu adalah suatu kejutan luar biasa di Euro kali ini.


6. Spanyol

Sama halnya dengan tim nasional Jerman, tim nasional Spanyol juga sedang dalam masa transisi dan regenerasi. Kejutan yang terjadi di EURO 2020 tahun ini adalah tidak dipanggilnya satu pun pemain asal Real Madrid di skuad tim Matador. Genrasi emas spanyol tahun 2008-2012 adalah unggulan utama di setiap turnamen. Namun di turnamen kali ini menurut saya tim nasional Spanyol akan menghadapi lawan-lawan berat yang lebih siap menjadi juara. Apalagi melihat performa Spanyol sebelumnya yang gagal di Piala Dunia 2018, maka saya hanya bisa menempatkan spanyol pada unggulan ke 6.



5. Inggris

Biasanya, saya tidak pernah menjagokan Tim Nasional Inggris berada di atas Spanyol, Jerman ataupun Belanda. Namun melihat squad Inggris saat ini dan melihat perkembangan sepakbola Inggris akhir-akhir ini, nampaknya tim nasional Inggris layak berada pada posisi sebagai tim unggulan. Alasan utama saya menempatkan tim nasional Inggris sebagai unggulan ke-5 adalah karena prestasi terakhir mereka di piala dunia 2018 cukup membangkitkan semangat untuk menjadi juara. Squad tim nasional inggris juga sudah cukup matang dan berpengalaman di turnamen besar.


4. Italy

Setelah terpuruk dan gagal lolos ke piala dunia 2018, akhirnya kita bisa kembali menyaksikan Gli Azzuri di turnamen besar. Meskipun saat ini Italia hanya menempati peringkat 7 Fifa dibawah Sapanyol dan Inggris, menurut saya tim ini lebih memiliki peluang juara. Italia bukan dalam fase regenerasi pemain tua ke pemain muda. Pemain yang dibawa oleh Roberto Mancini adalah pemain yang sudah matang dan berpengalaman. Dan alasan terpenting mengapa Timnas Italia ada pada unggukan ke 4 versi saya adalah  karena Italia merupakan tim yang memiliki mental juara.


3. Belgia

Berada di peringkat 1 Fifa, dan menjadi peringkat 3 piala Dunia 2018 setelah menumbangkan Inggris menunjukkan  bahwa generasi emas Belgia belum habis. Di Piala Eropa 2016, Belgia juga menjadi unggulan meskipun akhirnya secara mengejutkan ditumbangkan oleh Wales. Di Piala Eropa kali ini Belgia kembali memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa timnas Belgia layak menjadi juara. Meskipun tidak memiliki sejarah sebagai juara di turnamen besar, Euro 2021 ini adalah peluang emas bagi Belgia untuk mengukir sejarah baru. Squad tim nasional Belgia yang penuh pemain bintang dari belakang sampai posisi penyerang menunjukkan bahwa tim ini layak juara dan layak berada pada unggulan ke-3 pilihan saya.


2. Portugal

Secara mengejutkan, saya menjagokan Portugal di unggulan ke 2. Biasanya, Portugal hanya saya tempatkan pada posisi 6, dibawah Spanyol, Belanda, Jerman,  dan Italia. Tergabung di grup neraka bersama Prancis dan Jerman, saya lebih menjagokan Portugal untuk lolos dari fase grup ketimbang Jerman. Sejarah mencatat bahwa Tim Nasional Jerman sangat digdaya dan unggul dalam hal statiskik melawan Portugal. Namun di euro 2021 ini, saya haruslah mengakui bahwa squad tim nasional Portugal lebih komplit dari pada Jerman. Portugal adalah juara bertahan  Euro dan juara Uefa Nations League yang dihuni banyak pemain bintang. Cristiano Ronaldo yang belum pensiun dan menjadi top skor liga Italia berpeluang menjadi pemenang ballon d or tahun ini jika Portugal bisa juara di Euro. Saya tidak akan heran jika Poetugal kembali menjadi juara pada tahun ini.


1. Prancis

Di unggulan pertama tentu saja saya menggunggulkan tim nasional Prancis. Tim asuhan Didier Deschamps adalah juara dunia. Dihuni pemain bintang mulai dari posisi kiper, bek, gelandang dan penyerang yang semuanya  dilapisi oleh pemain bintang juga. Tidak ada keraguan saya menempatkan Prancis sebagai unggulan utama. 


Daftar di atas adalah tim unggulan versi saya. Kalaupun Prancis atau Portugal juara, bisa jadi hanya kebetulan. Kalaupun tidak ada satu pun dari tim unggulan tersebut yang jadi  juara,… ya wajar saja. Saya bukan peramal dan tidak punya mesin waktu untuk mengetahui masa depan. Akhir kata semoga tim terbaik menjadi pemenang dan semoga Euro 2021 ini bisa berjalan lancer.

 


Blog, Updated at: 00.47

0 komentar:

Posting Komentar