Revolusi Blogging, Mengubah Niche Blog Ensikloblogia

Posted by Ensikloblogia on Selasa, 23 November 2021

Sudah sejak lama saya ingin mengubah niche blog ensikloblogia.

Sejak pertama kali ngeblog pada tahun 2012, saya hanya focus pada satu niche, yaitu niche pendidikan. Ketika ensikloblogia didirikan pertama kali tahun 2015, saya juga mengisi konten blog dengan niche pendidikan ini. 

Target dan sasaran utamanya adalah pelajar atau mahasiswa yang mencari informasi seputar pengertian sesuatu atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pelajaran sekolah atau kuliah.

Alasan utama saya focus pada niche pendidikan saat itu adalah karena saya tidak punya skill apapun untuk bisa dishare. Saya juga tidak punya hobi spesifik yang menarik.

Selain ensikloblogia, saya juga memiliki beberapa blog lain yang juga bermain di niche ini.

Lambat laun, semua terasa membosankan. Tahun 2017, saya merasakan kebosanan yang luar biasa.

Saat itu saya masih pengangguran, tidak punya pekerjaan apapun, tidak punya penghasilan selain blogging. Terima kasih untuk blogger, google adsense, mgid, adnow, adsterra, payclick, dan jaringan periklanan lain yang pernah membayar saya dan yang masih setia membayar saya.


Revolusi Blogging, Mengubah Niche Blog Ensikloblogia

Mengisi tulisan di blog ensiklopedia yang awalnya menyenangkan terasa hilang. Saya merasa tidak berkembang. Saya merasa hanya berada di titik itu saja dan tidak kemana-mana.

Pernah ada suatu masa ketika saya ingin menghapus blog ini, seperti halnya blog-blog lainnya. saya ingin menerapkan startegi bakal kapal Thariq Bin Ziyad ketika menaklukkan Spanyol. Saya ingin move on dari niche pendidikan ke niche lain. Saya tidak ingin terjebak masa lalu.

Ternyata. Saya susah move on. 

Saya tidak bisa begitu saja meninggalkan blog ensikloblogia mati begitu saja. Terlalu banyak perjuangan yang saya lakukan untuk membangun blog ini.

Pergi ke warnet tiap hari. Nongkrong di warnet sendirian sampai tengah malam. Terkadang saja juga harus jalan kaki demi mengupload sebuah tulisan. 

Saya tidak bisa move on. Sudah terlalu banyak investasi emosi yang saya keluarkan untuk membangun blog ini. 

Ketika saya akhirnya memiliki pekerjaan dan karir yang menjamin masa depan, saya sempat berpikir untuk menyerahkan pengelolaan blog ini kepada kawan saya. Rencana itu urung saya lakukan.

Jumlah tulisan yang saya upload di blog ini menurun setiap tahun, 16 tulisan di tahun 2019. Menurun jadi 3  tulisan di tahun 2019. Dan tahun ini baru 1 tulisan. Alexa rank blog yang dulunya di angka 400 ribuan menjadi hampir 2 juta.

Saya sudah tidak memiliki motivasi dan gairah lagi untuk mengupload tulisan mengenai ilmu-ilmu yang pernah saya pelajari di masa sekolah itu. Selain karena bosan dan merasa tidak berkembang, persaingan di niche ini juga semakin keras. Media-media besar bahkan telah masuk dan menargetkan keyword ini. Bahkan media-media yang membahas khusus olahraga.

Persaingan terlalu kencang. 

Tidak melakukan revolusi sama saja akan mematikan blog ini secara perlahan-lahan. 



Membangun blog baru saat ini sudah tidak semudah membangun blog beberapa tahun yang lalu. 

Oleh karena itu, agar saya bisa tetap blogging, maka ensikloblogia adalah media terbaik. Saya hanya perlu mengubah niche. Saya akan menulis apapun secara bebas dan bahagia.

Mulai saat ini, saya berkomitmen untuk mengubah isi blog ini 180 derajat. Saya akan berfokus pada niche making money online, blogging, dan cryptocurrency. Blog ini juga akan membahas pengembangan diri dan suatu saat bisa menjadi blog pribadi.

Perubahan harus terjadi. 

Perubahan akan terjadi terus menerus. Tidak mengikuti arus perubahan hanya akan membuat kita tertinggal jauh di belakang.

Akhir kata, salam perubahan. Jangan ragu mengubah niche blog.




Blog, Updated at: 00.34

1 komentar:

  1. Bener mas, diperlebar aja bahasannya, jadi membahas banyak hal. Masih banyak kok orang2 yg juga suka dengan tema bahasan macam2, ga harus ber-niche tertentu.

    Aku utk update informasi juga banyak baca ttg tema2 lain, bukan hanya traveling dan kuliner yg memang passionku. Makanya blog2 dengan tema macem2 selalu suka aku baca buat nambah wawasan

    BalasHapus