5 Koin Crypto Terbaik Trading Indodax untuk Pemula Menurut Saya

Posted by Ensikloblogia on Rabu, 19 Januari 2022

Saya adalah trader indodax yang baru serius di mana pandemic ini. Sejak tahun 2018, saya telah memiliki akun di indodax, namun sampai tahun 2020, saya tidak serius mengembangkan akun tersebut, baik untuk investasi ataupun untuk trading. Resiko besar yang mengintai pada dunia kripto tentu saja membuat saya ragu-ragu untuk masuk lebih dalam.

Ketika pandemic korona melanda dunia awal tahun 2020, saya belum berminat untuk serius di dunia trading crypto. Barulah di tahun 2021, ketika saya membuka akun indodax lagi, saya melihat portofolio saya meningkat lumayan. 

Setelah itu, saya mulai rajin melihat chart-chart crypto setiap hari dan mulai berani menyuntik dana ke dalam akun indodax saya, meskipun dana yang saya suntikkan itu masih tergolong receh.

Sebagai seorang pemula di dunia trading crypto, saya mencoba begitu banyak koin. Namun hasilnya ternyata tidak berhasil seluruhnya. Lebih banyak dari koin tersebut justru berakhir nyangkut.

Tulisan ini ditujukan untuk diri saya sendiri supaya selektif dalam memilih koin crypto terbaik untuk ditradingkan. Tulisan ini juga bisa menjadi petunjuk untuk pemula yang baru terjun di dunia crypto. 

Sekali, lagi, sebagai disclaimer, koin terbaik kripto yang ada pada tulisan ini adalah versi pengalaman saya. Pembaca tulisan ini saya harap memiliki kebijaksanaan sendiri untuk memilih koin kripto terbaik. Oleh karena itu, kepada pembaca tulisan ini saya harapkan untuk DYOR (do your own research).

Oke, apa koin kripto terbaik untuk trading menurut pengalaman saya sepanjang 2021 lalu dan bisa menjadi pilihan untuk 2022 ini ?

1. BTC (Bitcoin)

Bitoin akan selalu berada dalam daftar kripto terbaik untuk ditradingkan. Bitcoin adalah nenek moyangnya kripto. Harga kripto saat ini sangat dipengaruhi oleh pergerakan bitcoin. Ketika bitcoin jatuh, maka bisa dipastikan harga alt coin kemungkinan besar pasti akan jatuh. 

Ketika bitcoin turun pun, biasanya koin-koin lain ikut turun bahkan terjun bebas. 

Begitu besarnya pengaruh bitcon pada pasar kripto. Sehingga menurut saya BTC adalah koin yang paling aman untuk dijadikan instrument trading.  Bitcoin adalah koin paling stabil dan paling menjanjikan keuntungan di masa depan.

2. ETH (ethereum)

Ethereum adalah koin nomor 2 yang berada dalam daftar koin crypto terbaik untuk ditradingkan bagi pemula. Bayangkan saja, pada tahun 2018-2020, harga koin ini hanya 1 juta rupiah. Sekarang naik berkali-kali lipat. Saya yakin banyak orang menyesal karena tidak membeli koin ini di harga bawahnya.
Selain BTC, maka ETH adalah koin lain yang saya yakini akan bertahan hingga bertahun-tahun mendatang. Sejak kemunculannya di coinmarketcap pada tahun 2015, koin ini telah beradap tasi dan duduk di peringkat kedua coinmarketcap bertahun-tahun. 

Di banyak situs youtube maupun blog selalu merekomendasikan ETH sebagai bagian dari portofolio investasi atau trading.

3. BNB (Binance Coin)

Saya baru mengenal binance coin pada tahun 2021. Di harganya yang awalnya Rp200.000, kini telah mencapai Rp7.000.000,00 pada saat tulisan ini dibuat dan pernah mencapai harga hamper Rp10.000.000,-. 

Mengapa BNB adalah koin trading terbaik di indodax untuk seorang pemula ?

Binance adalah pasa kripto terbesar di dunia. Oleh karena itu saya meyakini BNB juga akan tumbuh dan berkembang dengan pesat di masa depan.

4. ADA (Cardano)

Saya mengingat, pada tahun 2020 ada banyak koleksi cardano yang saya beli di harga Rp700. Koin-koin tersebut saya jual di harga Rp1000. Tidak lama kemudian pandemic menyerang. Cardano tumbuh pesat bahkan mencapai Rp45.000,-.

Cardano termasuk koin crypto yang memiliki fundamental kuat. Di grup telegram selalu rutin membagikan perkembangan cardano. Oleh karena itu, koin ini sangat layak sebagai intrumen trading bagi pemula.

Koin crypto terbaik untuk trading di Indodax



5. DOT (Polkadot)

Tahun lalu, saya pertama kali membeli polkadot (DOT) saat masih berharga Rp200.000,-. Sayangnya, saya hanya membeli sedikit. Alasan utama mengapa DOT menjadi Altcoin pilihan saya karena Polkadot memiliki fundamental yang kuat dan belum pernah diterpa isu yang aneh-aneh sehingga mengalami penurunan harga.

Kalau dilihat dan dicermati dengan saksama koin-koin kripto yang menjadi pilihan saya untuk ditradingkan itu, maka semuanya jelas. 

ALASAN UTAMA SAYA MEMBELI KOIN-KOIN TERSEBUT KARENA MEMILIKI FUNDAMENTAL KUAT DAN RANKING YANG TINGGI DI COINMARKETCAP.

Saya tidak menyukai resiko besar. 

Itulah alasan, mengapa di portofolio saya tidak ada DOGE atau SHIBA INU.

Saya menyayangi uang saya yang saya dapatkan dari kerja keras sehingga tidak rela jika uang tersebut harus nyangkut di koin-koin seperti DOGE dan SHIBA INU yang kuat karena twit Elon Musk dan karena SHIBA Army.

Saya tidak membenci DOGE dan SHIB.

Sebagai seorang pemula dalam dunia kripto, koin kripto terbaik untuk ditradingkan menurut saya adalah koin stabil yang memiliki fundamental kuat. BTC, ETH, BNB, ADA dan DOT adalah pilihan terbaik. Low Risk, Low Return.

Pada akhirnya, semua orang punya hak untuk memilih mana koin terbaik untuk ditradingkan. Saya menghargai pilihan Anda apapun itu dan saya berharap kita semua bisa cuan dari kripto.

AKHIR KATA, selalu saya ingatkan supaya Anda melakukan riset sendiri.

Pilih koin sendiri.

Dan jangan terlalu percaya pada rekomendasi-rekomendasi orang lain. Termasuk apa yang saya tulis di tulisan ini.

Karena keberhasilan dan kerugian Anda di dunia kripto adalah sepenuhnya tanggung jawab anda sendiri.

Bukan orang lain.
 

Blog, Updated at: 19.15

0 komentar:

Posting Komentar