Mengapa Penghasilan Adsense Blog atau Youtube di Bulan Januari Turun

Posted by Ensikloblogia on Senin, 17 Januari 2022

Penghasilan Blog atau Youtube Anda bulan Januari ini turun ??


Memasuki bulan Januari di tahun 2022 ini, Penghasilan Adsense blog saya kembali turun. Bagi orang-orang yang baru bermain adsense selama 1 tahun terakhir, ini mungkin akan menjadi masalah yang harus dipecahkan. Namun, bagi saya, penghasilan adsense bulan Januari yang selalu ngenes sudah bukan hal yang harus dikhawatirkan lagi.

Saya mengingat dan bernostalgia kembali dengan masa lalu dimana saya baru pertama kali mengenal adsense. Saat itu, di bulan September, Oktober, November dan Desember, penghasilan adsense naik luar biasa. Cuan besar, CPC tinggi, RPM besar. Namun, ketika memasuki bulan januari, CPC jeblok. Dari yang awalnya $0,07 perklik, tiba-tiba jadi $0,01 atau $0,02 per klik. Sangat meresahkan.

Dahulu, ketika cpc adsense sudah ngenes dan meresahkan seperti itu, saya selalu mencari jawaban di forum-forum internet dan blogger-blogger yang lebih senior, sambil berharap masalah itu bisa terselesaikan. Di blog dan forum-forum itulah, kemudian diajarkan berbagai macam trik untuk mengatasi masalah tersebut.

Aktifitas itu terjadi bertahun tahun, selama tahun 2016-2019. 4 tahun lamanya, setiap bulan januari, saya akan mengecek cpc adsense, lalu mencari sumber informasi yang bisa memecahkan masalah tersebut.

Apakah masalah tersebut selesai ? 

Tentu saja TIDAK.

Mengapa ?

Karena di tahun selanjutnya, masalah serupa kembali berulang.

Tahun 2020 adalah pertama kalinya saya menyadari bahwa penghasilan adsense di bulan Januari yang jeblok bukanlah sebuah masalah yang harus dipecahkan, melainkan dinikmati saja. Let it flow, istilah gaulnya.

Saya akhirnya bisa menerima kenyataan bahwa cpc adsense di bulan Januari selalu turun adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan dan bisa dikatakan bahwa cpc jeblok SUDAH HUKUM ALAM 

Menjawab pertanyaan yang jadi permasalahan di artikel ini, lho, kok bisa tiap januari penghasilan adsense jeblok ?

PENYEBAB PENGHASILAN ADSENSE BULAN JANUARI MENURUN KARENA PENGIKLAN SEDANG MENURUNKAN BUDGET ATAU ANGGARAN IKLAN DAN MEMPERSIAPKAN ANGGARAN UNTUK BULAN SELANJUTNYA.

Seperti kita ketahui bersama, iklan adsense ada karena ada perusahaan atau pemilik bisnis yang beriklan. Nah, perusahaan atau pemilik bisnis ini tentu saja telah merencanakan dengan matang, kapan harus mengeluarkan budget kecil untuk iklan, kapan harus jor-joran memasang iklan sebanyak-banyaknya.

Perusahaan atau pemilik bisnis telah mempersiapkan anggaran iklan untuk satu tahun kalender. Awalnya dana untuk iklan dikeluarkan sedikit demi sedikit tiap kuartal.  Apabila pada kuartal terakhir tahun anggaran ternyata masih banyak budget iklan yang belum terpakai, maka disitulah terjadi jor-joran untuk mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya. Disitulah, Para Publisher Adsense biasanya menghasilkan cuan maksimal.


Penyebab Penghasilan Adsense Bulan Januari Turun




SEMAKIN BANYAK PENGIKLAN, SEMAKIN BESAR BUDGET, SEMAKIN TINGGI CPC. SEMAKIN CUAN PUBLISHER ADSENSE

Di bulan Desember, masyarakat global banyak mengeluarkan uang untuk berbagai hal, mulai dari belanja, sampai merayakan liburan natal dan tahun baru. Pada bulan Desember, sudah jadi kebiasaan wajar manusia mengeluarkan banyak uang yang merupakan hasil kerjanya selama setahun terakhir.

Pada saat yang sama, perusahaan atau pemilik bisnis akan menghabiskan anggaran untuk iklan yang sudah dipersiapkan sejak awal tahun.

Memasuki bulan januari, masyarakat global yang baru saja menghabiskan uangnya untuk liburan atau bakar kembang api kembali ke aktifitas normalnya. Masyarakat global akan mulai kembali mengumpulkan pundi-pundi uang dan menurunkan hasrat untuk membakar-bakar uang.

Pada saat yang sama pula, perusahaan menyadari bahwa nafsu belanja masyarakat kurang sehingga anggaran ikan dikurangi.

Penyebab Penghasilan Adsense Bulan Januari Turun
SEMAKIN SEDIKIT PENGIKLAN, SEMAKIN KECIL BUDGET, SEMAKIN RENDAH CPC. SEMAKIN NGENES PENGHASILAN PUBLISHER ADSENSE
Setelah menyadari fakta itu, saya sudah tidak pernah lagi memperhatikan harga cpc adsense di bulan Januari. Berapa pun penghasilan adsense di bulan Januari, akan saya syukuri dan terima dengan ikhlas.

Akhir kata, untuk pendatang baru di dunia adsense, jangan patah semangat kalau penghasilan adsense bulan januari menurun. Itu hal biasa. Normal. Tidak perlu khawatir. 

Tetap semangat untuk mengisi konten-konten barumu.

Blog, Updated at: 22.53

0 komentar:

Posting Komentar