10 Tim Unggulan Kandidat Juara Piala Dunia 2022 Versi ENSIKLOBLOGIA

Posted by Ensikloblogia on Senin, 21 November 2022

Piala dunia telah bergulir. Grup A dan Grup B telah menyelesaikan pertandingan pertamanya. Namun tidak ada kata terlambat bagi saya untuk membagikan perspektif dan prediksi saya mengenai calon kandidat juara piala dunia 2022 DI Qatar ini. Tim unggulan yang ada di Pot 1 piala dunia adalah Qatar, Brasil, Belgia, Prancis, Argentina, Inggris, Spanyol dan Portugal. Meskipun berada di Pot 1 atau unggulan pertama, Qatar tidak akan saya masukkan sebagai unggulan utama. Kualitas Qatar masih jauh dibandingkan tim Eropa maupun Amerika Latin.


Tim Unggulan Kandidat Juara Piala Dunia 2022

Selanjutnya, apa saja tim yang menjadi kandidat juara piala dunia 2022 ini versi ensikloblogia.com, berikut listnya:

10. DENMARK

Saya sendiri terkejut karena menempatkan tim nasional Denmark ada di posisi 10 unggulan sebagai kandidat juara piala dunia 2022. Saya mengesampingkan tim-tim lain seperti Kroasia dan Serbia yang merupakan kuda hitam yang juga memberikan kejutan mengesankan selama kualifikasi piala dunia. Meskipun squad Denmark tidak dihuni pemain bintang 5, namun keberhasilan Denmark mencapai babak 8 besar piala dunia 2018, semifinal euro 2020 dan lolos kualifikasi piala dunia sebagai juara Grup menunjukkan adanya perkembangan yang luar biasa pada tim ini. Saya tidak sabar menunggu kejutan dari Denmark di Qatar.

9. BELGIA

Belgia ditempatkan hanya diunggulan ke 9 tentu saja sangat mengejutkan mengingat selama ini tim nasional Belgia lama bercokol di peringkat 1 FIFA. Namun, peringkat itu bukan tolak ukur bagi saya. Baru-baru ini Belgia kalah dari Mesir di uji coba jelang piala dunia sementara tim unggulan lain membantai lawan-lawannya. Belgia memang lolos kualifikasi piala dunia 2022 dengan langkah yang mantap. Namun demikian keberhasilan itu belum bisa menempatkan Belgia di unggulan teratas versi ensikloblogia. Sempat menjadi juara ketiga Piala dunia 2018, Belgia hanya mampu mencapai 8 besar Euro 2020. Sepertinya generasi emas Belgia sudah mulai kehilangan tajinya. Seandainya saja Romelu LUkaku dan Eden Hazard masih tajam, saya akan menempatkan Belgia di posisi unggulan yang lebih tinggi.

8. PORTUGAL

Di Euro 2020, saya menempatkan tim nasional Portugal di unggulan kedua. Saya berharap banyak dari pemain-pemain bintang Portugal untuk menunjukkan kekuatannya di level tim nasional. Ternyata di Euro 2020, Portugal bermain bapuk. Pemain-pemain bintang yang bersinar di klub tidak bisa menunjukkan apapun di timnas. Saya kecewa. Portugal bisa lolos ke Piala Dunia 2022 hanya melalui jalur Play off. Itu pun melawan Macedonia. Seandainya bertemu Italia, mungkin Portugal hanya jadi penonton di Piala Dunia ini. Namun demikian, Portugal tetap harus diperhitungkan sebagai calon juara piala dunia Qatar. Jika Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, Ruben Dias, Joao Cancelo bermain apik, maka bukan tidak mungkin Cristiano Ronaldo akan pensiun tahun ini dan menjadi juara dunia kali ini.

7. BELANDA

Dibandingkan dengan Portugal, tim nasional Belanda memiliki squad yang tidak lebih berkualitas. Namun secara mental, saya melihat Belanda sebagai tim yang lebih tangguh. Posisi kiper Belanda saat ini memang kurang mentereng, tapi di lini pertahanan, Belanda bisa berbicara banyak. Meskipun lini depan tidak ada lagi nama-nama yang begitu mengerikan seperti Robben dan van Persie, Belanda tetap saya jagokan di Piala Dunia ini. Dilatih oleh meneer Luis Van Gaal, saya yakin Belanda bisa melaju jauh di Piala dunia ini.

6. JERMAN

Sama dengan Belanda, Jerman juga hanya ditempatkan di Pot kedua undian piala dunia. Dihancurkan Korea Selatan di Piala Dunia 2018, dihajar Inggris di babak 16 Besar Euro 2020 menunjukkan bahwa Jerman sedang dalam masa transisi yang sulit. Jeman berhasil lolos ke piala dunia 2022 dengan mudah karena tergabung dengan tim-tim semenjana di grup J kualifikasi piala dunia zona Eropa. Di piala dunia kali ini, tim nasional Jerman berada di grup yang sama dengan Spanyol. Alasan utama mengapa saya menempatkan Jerman di unggulan nomor 6 adalah dikarenakan fakta bahwa Jeman adalah spesialis turnamen dan saat ini sedang dilatih oleh Hans Dieter Flick, pelatih yang membawa Bayern Munchen meraih Sixtupple.

5. PRANCIS

Sebagai juara bertahan, rasanya tidak sopan menempatkan Prancis di unggulan nomor 5 saja. Pasalnya, squad Prancis masih dihuni banyak alumni juara piala dunia 2018 yang lalu. Namun demikian, tim nasional Prancis saat ini kurang meyakinkan dibandingkan dengan tim unggulan yang diatasnya. Prancis sedang dihantui badai cedera. Lini tengah Prancis tidak diperkuat oleh Kante dan Pogba yang menurut saya adalah dua pemain paling berpengaruh atas keberhasilan Prancis menjuarai piala dunia 2018. Selain itu, Prancis juga dihantui kutukan juara piala Dunia.

4. SPANYOL

Saya lebih menjagokan Spanyol dari pada Prancis di Piala dunia kali ini. Spanyol hadir ke Piala dunia dengan catatan cukup mentereng. Hanya mencapai babak 16 Besar di Russia, kemudian hanya mencapai babak semifinal di Euro 2020, gagal mengalahkan Prancis di Final Uefa Nations League menunjukkan bahwa tim nasional Spanyol memang tidak begitu kuat dibandingkan Prancis. Namun, Spanyol datang ke Piala Dunia ini dengan kekuatan penuh. Skuad yang dipanggil Luis Enrique adalah skuad terbaik miliknya tanpa ada yang absen karena badai cedera. Menarik melihat kiprah Spanyol di piala dunia 2022 ini.

3. BRAZIL

Banyak orang memprediksikan Brazil sebagai juara piala dunia Qatar 2022 ini. Hal ini tentu saja wajar mengingat Brazil adalah tim dengan sejarah panjang di perhelatan World Cup atau piala dunia. Seyogianya, tim nasional Brazil layak ditempatkan sebagai unggulan utama mengingat pemain-pemain Brazil memiliki kualitas mengerikan bagi lawan-lawannya. Alison, Ederson, Marquinhos, Neymar dan Vinicius Junior adalah pemain bintang pada saat ini. Namun ada alasan mengapa saya hanya menempatkan Brazil di unggulan nomor 3. Hal ini dikarenakan Brazil masih memanggil pemain-pemain tua untuk mengisi posisi bek. Lini tengah Brazil pun tidak memiliki nama besar seperti dua tim lain di unggulan ke 1 dan ke 2 daftar ini. Selain itu, Brazil juga masih kalah dengan Argentina di Copa America edisi terakhir.

2. INGGRIS

Jujur saja, saya tidak penah menjagokan Inggris di Piala Dunia maupun Euro. Saya memang kurang menyukai tim nasional Inggris karena menurut saya mental mereka belum terbentuk dan sebaik tim-tim lain. Terkahir juara piala dunia pun pada tahun 1966. Namun demikian, saya harus objektif. Inggris yang sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata. Setelah berhasil mencapai semifinal Piala Dunia di Russia 2018, Inggris bisa menembus babak Final Euro 2020, meskipun mereka kalah di Wembley melawan Italia. Hal itu menunjukkan bahwa para pemain inggris mengalami peningkatan yang luar biasa. Saya meyakini Inggris akan bisa berbicara banyak di piala dunia kali ini, selama para pemainnya tidak ada yang melawak di lapangan. Tim nasional Inggris dihuni pemain-pemain berkualitas dari posisi penjaga gawang hingga striker mengerikan macam Harry Kane.

1. ARGENTINA

Sama seperti kebanyakan prediksi-prediksi, Argentina adalah tim unggulan nomor 1 di daftar saya. Saya bukan penggemar Lionel Messi. Saya termasuk orang yang bahagia saat Argentina kalah. Namun, saya tetap harus bersikap objektif. Kualitas tim nasional Argentina saat ini adalah kualitas terbaik dari sepuluh tahun terakhir. Argentina bisa menjuarai Copa America dan belum terkalahkan dalam 36 pertandingan terakhirnya. Skuad timnas Argentina dihuni para pemain yang mentereng. Lionel Messi pun masih bermain dengan apik di usia 35 tahun. Selama tidak ada kecerobohan dan kebodohan, maka langkah argentina menjadi juara piala dunia 2022 ini sangat terbuka lebar.

Itulah daftar tim unggulan di world cup 2022 Qatar versi saya. Prediksi ini hanyalah analisa semata dari penggemar sepakbola, dan janga  digunakan dalam pertaruhan. Analisa ini bisa saja salah dan bisa saja benar. Apabila salah, maka itu hal yang wajar dan apabila benar, maka hanya kebetulan semata.



 


Blog, Updated at: 18.41

0 komentar:

Posting Komentar